Implementasi keterampilan pembelajaran abad 21 berorientasi kurikulum merdeka pada pembelajaran projek penguatan profil pelajar Pancasila di SMP Al Falah Deltasari Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa', Zakiyatul (2022) Implementasi keterampilan pembelajaran abad 21 berorientasi kurikulum merdeka pada pembelajaran projek penguatan profil pelajar Pancasila di SMP Al Falah Deltasari Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zakiyatul Nisa'_D71218108.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pembelajaran abad 21 merupakan abad yang penuh dengan berbagai tantangan, dunia pendidikan memiliki memiliki peran dan tanggung jawab yang lebih besar untuk dapat mengatasi dan menjawab tantangan tersebut. Berbagai inovasi baru yang dilakukan oleh pemerintah yakni meluncurkan kurikulum merdeka.Tujuan dari penelitian ini adalah: untuk mengetahui perencanaan, proses dan evaluasi pembelajaran projek penguatan profil pelajar Pancasila dalam menerapkan keterampilan pembelajaran abad 21 berorientasi kurikulum merdeka. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif berkarakter deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data lalu penarikan kesimpulan. Adapun sumber data pada penelitian ini, yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kurikulum, guru projek di SMP Al-Falah Deltasari Sidoarjo, guru PAI , dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) Perencanaan pembelajaran projek penguatan profil pelajar Pancasila dalam menerapkan pembelajaran abad 21 berorientasi kurikulum merdeka ada beberapa tahap yaitu a.) tahap kesiapan sekolah, b.) mengidentifikasi tema yang sudah ditentukan oleh Kemendikbud, c.) menentukan tema yang lebih spesifik sesuai keadaan dilingkungan sekolah, d.) mementukan alokasi waktu, e.) pembuatan modul projek, f.) membuat sub elemen dan Asessmen (Sumatif dan Formatif). 2.) Proses pembelajaran projek penguatan profil pelajar Pancasila dalam menerapkan pembelajaran abad 21 berorientasi kurikulum merdeka ada beberapa tahap yaitu, a.) tahap Fell (pengenalan) dengan mendatangkan narasumber, c.) kontekstual , d.) Do(Aksi ) e.) Share, 3.) Evaluasi pembelajaran projek penguatan profil pelajar Pancasila dalam menerapkan pembelajaran abad 21 berorientasi kurikulum merdeka evaluasi pembelajaran projek pada saat setelah dilakukan pameran hasil projek craft preneur. Berdiskusi bersam fasilitator untuk mengevaluasi diseluruh rangkaian dengan membagikan angket. Selain itu juga dilakukan pada saat pembelajaran projek dengan asesmen sumatif dan nanti nilai akan dilampirkan di rapot pembelajaran projek.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa', Zakiyatulzakiyatulnisa08@gmail.comD71218108
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZaini, Achmadzainiazami@yahoo.com2012057001
Thesis advisorSyaifuddin, Syaifuddinsyaifuddin_mr@yahoo.co.id2029116901
Subjects: Kurikulum
Keterampilan
Pancasila
Keywords: Keterampilan pembelajaran Abad 21; kurikulum merdeka; profil pelajar Pancasila
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zakiyatul Nisa' Zakiyatul Nisa'
Date Deposited: 22 Jul 2022 04:18
Last Modified: 22 Jul 2022 04:18
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/54796

Actions (login required)

View Item View Item