PENGARUH MINAT MEMBACA AL- QUR’AN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN QUR’AN HADITS KELAS VIII DI SMP WACHID HASYIM 1 SURABAYA

Munawaroh, Nur Fajriyatul (2016) PENGARUH MINAT MEMBACA AL- QUR’AN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN QUR’AN HADITS KELAS VIII DI SMP WACHID HASYIM 1 SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (559kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftai Isi.pdf

Download (523kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (591kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (420kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang Penelitian ini adalah bahwasannya kemampuan membaca siswa SMP sekarang ini cukup memperihatinkan. Banyak dari siswa yang bisa membaca al-qur’an namun belum bisa menerapkan kaidah-kaidah membaca al-Quran dengan baik dan benar. Bahkan lebih parah lagi, ada sebagian siswa yang buta terhadap huruf arab. Bahkan, sebagian besar siswa kurang ada ketertarikan dalam penguasaan baca al-Quran. Menurut mereka pelajaran membaca Al-Quran cukup membosankan. maka dari itu, tugas sekolah dan guru adalah mengajarkan, membiasakan, serta memperkenalkan bacaan-bacaan al-Quran kepada siswa.
Dengan melihat realitas sekarang ini, banyak orang yang telah meninggalkan al-Qur'an, maupun mereka hanya membaca al-Qur'an tanpa memahami maknanya sehingga dalam kehidupan mereka baik perilaku atau tingkah laku mereka banyak yang menyimpang dari ajaran agama Islam dan hal ini sangatlah memprihatinkan.
Dalam upaya mengatasi permasalahan tersebut, berbagai progam pembinaan membaca Al-Quran telah diterapkan oleh SMP Wachid Hasyim 1 Surabaya, diantaranya tadarrus al-qur’an, membaca juz amma, membaca yasin setiap pagi yang dilakukan 30 menit sebelum pelajaran dimulai. Sehingga dapat menumbuhkan minat membaca al-Qur’an serta akan meningkatkan kemampuan dalam membaca al-Quran siswa. Dari sinilah penulis tertarik untuk mencoba mengetahui seberapa pengaruh minat membaca al-qur’an terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Wachid Hasyim 1 Surabaya.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana minat membaca al-Qur’an siswa kelas VIII di SMP Wachid Hasyim 1 Surabaya. (2) Bagaimana prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits kelas VIII di SMP Wachid Hasyim 1 Surabaya. (3) Bagaimana pengaruh minat membaca al-Qur’an terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits kelas VIII di SMP Wachid Hasyim 1 Surabaya.
Untuk memperoleh hasil penelitian tersebut peneliti melakukan penelitian kuantitatif. Adapun tekhnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, Observasi, Wawancara/Interview, Dokumentasi dan Angket. Adapun data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan dianalisis dengan menggunakan rumus regresi.
Berdasarkan permasalahan diatas dan setelah dianalisis dapat disimpulkan bahwa : (1) Minat membaca al-Qur’an di SMP Wachid Hasyim 1 Surabaya, termasuk dalam kategori baik. Terbukti dari hasil rata-rata yang diperoleh sebesar 64 yang terdapat pada Interval 51-67. (2) Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Qur’an Hadits Kelas VIII di SMP Wachid Hasyim 1 Surabaya termasuk dalam kategori cukup. Hal ini dapat dilihat dari hasil rata- rata yang diperoleh sebesar 84 yang terdapat pada interval 82- 86. (3) Terdapat pengaruh signifikan antara Minat membaca al-Qur’an Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Qur’an Hadits Kelas VIII di SMP Wachid Hasyim 1 Surabaya, karena hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi Y = 54,9852964 + 0,451705 X. Persamaan tersebut diuji keberartiannya menggunakan uji F dan diperoleh Freg sebesar 760,4. Pada taraf kesalahan 1% dengan dk (1:119) diperoleh Ftabel = 6,84 dan pada taraf kesalahan 5% dengan dk (1:119) diperoleh Ftabel = 3,92. Karena Freg > Ftabel, yang berarti persamaan regresi tersebut signifikan. Besarnya kontribusi Minat membaca al-Qur’an Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Qur’an Hadits Kelas VIII mencapai 86,5%, selebihnya 13,5% dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Minat membaca Al-Qur’an; Prestasi belajar siswa
Subjects: Minat Siswa
Pendidikan > Minat Baca
Pendidikan > Prestasi Belajar
Al Qur'an
Hadis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: nur fajriyatul munawaroh
Date Deposited: 12 Apr 2016 04:20
Last Modified: 12 Apr 2016 04:20
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/5476

Actions (login required)

View Item View Item