Efektivitas penggunaan aplikasi evaluasi kahoot dalam meningkatkan prestasi belajar kognitif pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti kelas XI Mipa di SMAN 1 Taman Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rusydiana, Nur Masita (2022) Efektivitas penggunaan aplikasi evaluasi kahoot dalam meningkatkan prestasi belajar kognitif pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti kelas XI Mipa di SMAN 1 Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Masita Rusydiana_D91218152.pdf

Download (9MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mendapatkan informasi atau data terkait : 1) Penggunaan aplikasi evaluasi “Kahoot” pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas XI MIPA di SMAN 1 Taman Sidoarjo. 2) Prestasi belajar kognitif pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti siswa kelas XI MIPA di SMAN 1 Taman Sidoarjo. 3) Efektivitas Penggunaan aplikasi evaluasi “Kahoot” dalam meningkatkan prestasi belajar koginitif pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti siswa kelas XI MIPA di SMAN 1 Taman Sidoarjo. Merupakan penelitian skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Strata 1, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Pembimbing H. Moh. Faizin, M.Pd.I, Dr. Muhammad Fahmi, M.Hum., M.Pd. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dan desain yang digunakan yaitu One Group Pretest-Posttest yang bertujuan untuk mendapatkan data terkait prestasi belajar kognitif siswa dengan penggunaan aplikasi evaluasi kahoot. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu purposive sampling yakni dengan cara mengambil sampel atas pertimbangan tertentu dari peneliti pada suatu populasi. Adapun jumlah sampel yang diambil yaitu 15% dari keseluruhan populasi 179 yaitu 35 peserta didik. Kemudian pada teknik pengambilan data menggunakan teknik tes, angket, wawancara serta dokumentasi. Adapun untuk analisis data dihitung dan di uji menggunakan uji statistik deskriptif dan uji parametrik. Hasil dalam penelitian ini dinyatakan bahwa : 1) Penggunaan aplikasi evaluasi kahoot pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas XI MIPA di SMAN 1 Taman memperoleh hasil skor yang dibagi menjadi tiga kategori yaitu kategori rendah (20%), sedang (60%) dan tinggi (20%) dimana skor rata-rata sebesar 87, skor terbanyak yaitu 85, skor tengah yaitu 85, skor tertinggi yaitu 100, skor terendah yaitu 75, dan standar deviasi yaitu 6. 2) Prestasi belajar kognitif pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti siswa kelas XI MIPA di SMAN 1 Taman Sidoarjo terdapat peningkatan pada saat sesudah menggunakan aplikasi kahoot daripada pada saat sebelum menggunakan kahoot dengan perolehan nilai rata-rata (mean) yang semula yaitu 63 meningkat menjadi 94. 3) Penggunaan aplikasi evaluasi “Kahoot” terbukti efektif dalam meningkatkan prestasi belajar koginitif pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti siswa kelas XI MIPA di SMAN 1 Taman Sidoarjo, dibuktikan dengan hasil analisis uji Paired Sample T-Test nilai Sig. (2-tailed) yaitu 0,00. Nilai tersebut berarti < 0,05 dari taraf signifikansi, sehingga dapat diperoleh kesimpulan bahwa hipotesis kerja (Ha) diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rusydiana, Nur Masitanurmasita.rusydiana@gmail.comD91218152
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFaizin, Mohfaizin_ahwan@yahoo.com2106087701
Thesis advisorFahmi, Muhammadfahmi_yes@yahoo.com2015087202
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Evaluasi
Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Aplikasi evaluasi kahoot; prestasi belajar kognitif; mata pelajaran Pendidikan Agama Islam; budi pekerti
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Masita Rusydiana
Date Deposited: 22 Jul 2022 07:16
Last Modified: 22 Jul 2022 07:16
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/54388

Actions (login required)

View Item View Item