Konsep syukur Ibn Qayyim al-Jauziyyah dan relevansinya dengan kesehatan mental

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Novieta, Necyn Tri (2022) Konsep syukur Ibn Qayyim al-Jauziyyah dan relevansinya dengan kesehatan mental. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Necyn Tri Novieta_E97218086.pdf

Download (31MB)

Abstract

Skripsi ini membahas konsep syukur Ibn Qoyyim al-Jauziyyah dan relevansinya dengan upaya menjaga kesehatan mental manusia. Yang mendasari ketertarikan peneliti untuk melakukan penelitian ialah semakin banyaknya manusia modern yang mengalami kehampaan spiritual yang akhirnya menyebabkan mereka sulit untuk menjaga kesehatan mentalnya. Permasalahan utama dari skripsi ini bagaimana konsep syukur Ibn Qoyyim al-Jauziyyah, bagaimana korelasi syukur dengan kesehatan mental perspektif Islam dan Psikologi, serta bagaimana relevansi konsep syukur Ibn Qoyyim al-Jauziyyah dengan upaya menjaga kesehatan mental. Peneliti mengeksplorasi permasalahan utama mengunakan jenis penelitian kepustakaan (library reseach) dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini yang pertama ialah Syukur dalam pandangan Ibn Qoyyim al-Jauziyyah didefinisikan sebagai pengakuan terhadap adanya nikmat, kemudian memuji Allah karena nikmat, dan tidak mempergunakan nikmatnya untuk hal yang dibenci Allah. Kedua, adanya korelasi yang bersifat positif dari syukur dan kesehatan mental perspektif Islam dan ilmu Psikologi, yang mana telah ditinjau dari beberapa indikatornya seperti: landasan, peranan, manfaat, dan ciri-cirinya. Ketiga, menunjukkan syukur dalam konsep Ibn Qoyyim al-Jauziyyah dapat beperan sebagai metode atau cara untuk menjaga kesehatan mental manusia yang ditinjau dari perspektif Islam dan ilmu Psikologi. Ketiga cara bersyukur yang dipaparkan Ibn Qoyyim al-Jauziyyah yaitu syukur dengan hati, lisan, dan anggota tubuh memiliki tingkat keefektifan yang cukup tinggi untuk menjaga kesehatan mental.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Novieta, Necyn Trinecyntrinovieta2@gmail.comE97218086
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnshori, Isai.anshori@yahoo.com0704067302
Subjects: Kesehatan
Kesehatan

Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Syukur; kesehatan mental; Islam; psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Necyn Tri Novieta
Date Deposited: 22 Jul 2022 08:35
Last Modified: 22 Jul 2022 08:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/54347

Actions (login required)

View Item View Item