Peningkatan pemahaman sejarah kebudayaan Islam melalui metode Student Teams Achievement Division (STAD) di kelas V MI Tahdzibiyah Gempolpading Pucuk Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mualawiyah, Robiatul (2022) Peningkatan pemahaman sejarah kebudayaan Islam melalui metode Student Teams Achievement Division (STAD) di kelas V MI Tahdzibiyah Gempolpading Pucuk Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Robiatul Mualawiyah_D97218104.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya tingkat pemahaman peserta didik kelas V MI Tahdzibiyah dalam memahami mata pelajaran SKI khususnya pada materi kisah teladan Abu Bakar Ash Shiddiq r.a. Hal tersebut diketahui berdasarkan hasil wawancara dengan guru SKI pada tahap pra siklus dan juga berdasarkan hasil ulangan harian yang dilakukan oleh guru. Rendahnya pemahaman pada materi tersebut disebabkan pembelajaran yang dilakukan di kelas masih secara konvensional. Dari 11 peserta didik hanya 5 peserta didik yang berhasil mencapai nilai KKM yaitu 70. Salah satu bentuk upaya yang dilakukan peneliti dalam meningkatkan pemahaman peserta didik yaitu dengan menerapkan metode STAD dalam proses pembelajaran di kelas. Tujuan dari penelitian: 1) Untuk mengetahui penerapan metode Student Teams Achievement Division (STAD) dalam meningkatkan pemahaman mata pelajaran SKI materi kisah teladan Abu Bakar Ash Shiddiq r.a di kelas V MI Tahdzibiyah Gempolpading Pucuk Lamongan. 2) Untuk mengetahui peningkatan pemahaman mata pelajaran SKI materi kisah teladan Abu Bakar Ash Shiddiq r.a setelah menerapkan metode Student Teams Achievement Division (STAD) di kelas V MI Tahdzibiyah Gempolpading Pucuk Lamongan. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan selama 2 siklus dengan menggunakan model Kurt Lewin yang setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di MI Tahdzibiyah Gempolpading Pucuk Lamongan pada kelas V dengan jumlah peserta didik yaitu 11 yang terdiri dari 9 laki-laki dan 2 perempuan. Data pada penelitian ini diperoleh melalui teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode STAD dalam meningkatkan pemahaman mata pelajaran SKI materi kisah teladan Abu Bakar Ash Shiddiq r.a sudah diterapkan dengan baik sehingga diperoleh hasil yang maksimal. Hasil perolehan nilai aktivitas guru pada siklus I memperoleh nilai 86,95 (baik) kemudian pada siklus II meningkat menjadi 95,65 (sangat baik). Pada aktivitas peserta didik juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I aktivitas peserta didik memperoleh nilai 73,91 (cukup) kemudian pada siklus II meningkat menjadi 91,30 (sangat baik). 2) Peningkatan pemahaman mata pelajaran SKI materi kisah teladan Abu Bakar Ash Shiddiq r.a setelah diterapkan metode STAD mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase ketuntasan belajar peserta didik pada pra siklus 45,45% (sangat kurang), siklus I 63,63% (kurang), dan siklus II 90,90% (sangat baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mualawiyah, Robiatulrobiatulmualawiya10@gmail.comD97218104
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunawir, Munawirmunawirpgmi@gmail.com2001086501
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Metode
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Peningkatan pemahaman; SKI; metode STAD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Robiatul Mualawiyah
Date Deposited: 22 Jul 2022 02:47
Last Modified: 22 Jul 2022 02:47
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/54304

Actions (login required)

View Item View Item