Peran Single Parent perempuan pemulung dalam menafkahi ekonomi keluarga di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Griyo Mulyo Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Insyaussurur, Ahmad (2022) Peran Single Parent perempuan pemulung dalam menafkahi ekonomi keluarga di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Griyo Mulyo Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Insyaussurur_I73218026.pdf

Download (2MB)

Abstract

Di dalam sebuah keluarga setiap anggota keluarga tentunya memiliki peran masing-masing terutama peran penting yang harus dijalankan ayah dan ibu sebagai orang tua. Namun dengan adanya sosok ibu yang menjadi single parent otomatis peran yang seharusnya dilakukan oleh seorang ayah akan dilakukan oleh seorang ibu sehingga harus menjalankan peran ganda yakni di ruang publik dan ruang domestik. Dimana sosok ibu ini harus berjuang tanpa bantuan suami guna mencukupi kebutuhan bagi keluarganya dengan bekerja sebagai pemulung. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah mengenai peran single parent perempuan pemulung dalam menafkahi ekonomi keluarganya, peran single parent dalam membagi waktunya antara menjadi ibu rumah tangga dan bekerja serta kendala single parent perempuan pemulung dalam menafkahi ekonomi keluarganya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif jenis data deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis fenomena yang terjadi teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori struktural fungsional Talcott Parsons. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa: (1) Peran yang dilakukan single parent perempuan pemulung dalam menafkahi ekonomi keluarganya yaitu sebagai tulang punggung, kepala keluarga, pencari nafkah dan merawat anak dengan bekerja sebagai pemulung guna menafkahi ekonomi keluarganya. (2) Peran yang dilakukan oleh perempuan single parent dalam membagi waktunya antara menjadi ibu rumah tangga dan bekerja yakni dengan bangun pagi untuk melakukan segala kegiatan rumah tangga terlebih dahulu sebelum mereka berangkat bekerja dan dalam urusan perekonomian dan urusan pekerjaan rumah tangga mereka juga dibantu oleh sang anak. (3) Kendala single parent perempuan pemulung dalam menafkahi ekonomi keluarga yakni permasalahan yang dialami saat bekerja seperti pada mesin atau alat yang terkadang rusak sehingga menghambat aktivitas mereka dalam bekerja yang berpengaruh terhadap penghasilan yang diperolehnya serta kendala dalam memberikan pengawasan kepada sang anak akibat mereka juga harus bekerja tetapi mereka tetap memberikan arahan dan nasihat perihal pergaulan sang anak agar sang anak tidak terjerumus pada lingkungan pergaulan yang salah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Insyaussurur, AhmadInsyaussurur22@gmail.comI73218026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetianingsih, Dwidwisetia@uinsby.ac.id2022127201
Subjects: Ekonomi
Keluarga
Keywords: Peran; Single Parent; Pemulung; Tempat Pembuangan Akhir (TPA)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Ahmad Insyaussurur
Date Deposited: 22 Jul 2022 03:15
Last Modified: 22 Jul 2022 03:15
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/54288

Actions (login required)

View Item View Item