Peningkatan hasil belajar melalui metode demonstrasi berbantu media ular tangga pada materi bangun datar peserta didik kelas IV MI Assyafi’iyah Kebonagung Blitar tahun ajaran 2021/2022

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anturichana, Atik (2022) Peningkatan hasil belajar melalui metode demonstrasi berbantu media ular tangga pada materi bangun datar peserta didik kelas IV MI Assyafi’iyah Kebonagung Blitar tahun ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Atik Anturichana_D97218071.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya hasil belajar peserta didik yang rendah di kelas IV A MI Assyafi’iyah Kebonagung. Guru yang kurang memahami dalam menerapkan metode, strategi, dan model serta tidak menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran matematika, sehingga pembelajaran di kelas terkesan monoton. Hal ini mengakibatkan peserta didik memiliki hasil belajar yang rendah yaitu hanya mencapai ketuntasan 20%. Oleh karena itu peneliti melakukan usaha perbaikan melalui tindakan kelas dengan menggunakan metode demonstrasi berbantu media pembelajaran ular tangga. Tujuan dari penelitian ini: 1) Untuk mengetahui penerapan metode demonstrasi berbantu media permainan ular tangga dalam meningkatkan hasil belajar banggun datar mata pelajaran Matematika pada peseeta didik kelas IV A MI Assyafi’iyah Kebonagung. 2) Dengan penerapan metode demonstrasi berbantu media pembelajaran ular tangga pada materi bangun datar di kelas IV MI Assyafi’iyah Kebonagung, diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV A MI Assyafi’iyah Kebonagung. Teknik Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, tes dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan analisis kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Penerapan metode demonstrasi berbantu media pembelajaran ular tangga pada materi bangun datar berjalan dengan baik dan pada setiap siklus mengalami peningkatan. Hasil nilai aktivitas guru yaitu 74,34 (cukup baik) meningkat menjadi 94 (sangat baik). Hasil nilai aktivitas peserta didik yaitu 71,9 (cukup baik) meningkat menjadi 88,3 (baik). 2) Hasil belajar peserta didik pra siklus dengan nilai rata-rata 64,3 dan nilai persentase ketuntasan 20%, mengalami peningkatan setelah melakukan pembelajaran menggunakan metode demonstrasi berbantu media pembelajaran ular tangga yaitu pada siklus I 73,1 dengan nilai persentase ketuntasan 53,3% dan pada siklus II dengan nilai rata-rata 81,3 dan nilai persentase 80%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anturichana, Atikricha071699@gmail.comD97218071
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com/sihabudin@uin2020027701
Subjects: Matematika
Keywords: hasil belajar; bangun datar; metode demonstrasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Atik Anturichana
Date Deposited: 21 Jul 2022 07:36
Last Modified: 21 Jul 2022 07:36
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/54247

Actions (login required)

View Item View Item