استخدام وسيلة ويزر.مي لتقويم كفاءة مهارة القراءة فى المجال المعرفي لطلاب الصف الثامن فى المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية الأولى سيدوارجو - Penggunaan aplikasi Wizer.me untuk mengevaluasi keterampilan membaca pada ranah kogmitif siswa Kelas VIII MTsN 1 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khoiroh, Himmatul (2022) استخدام وسيلة ويزر.مي لتقويم كفاءة مهارة القراءة فى المجال المعرفي لطلاب الصف الثامن فى المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية الأولى سيدوارجو - Penggunaan aplikasi Wizer.me untuk mengevaluasi keterampilan membaca pada ranah kogmitif siswa Kelas VIII MTsN 1 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Himmatul Khoiroh_D72218031 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mengingat saat ini perkembangan teknologi semakin canggih, media pembelajaran juga banyak yang melibatkan teknologi yang membuat minat belajar siswa semakin meningkat. maka untuk melakukan evaluasi pun harus mengikuti perkembangan teknologi pula demi menciptakan pembelajaran inovatif yang mengikuti kurikulum saat ini. Penelitian ini membahas tentang Penggunaan Aplikasi Wizer.me untuk Mengevaluasi Keterampilan Membaca pada Ranah Kognitif Siswa Kelas VIII MTsN 1 Sidoarjo. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana proses evaluasi kemampuan keterampilan membaca pada ranah kognitif siswa kelas VIII MTsN 1 Sidoarjo menggunakan aplikasi wizer.me? 2. Bagaimana validitas butir soal, reliabilitas butir soal, tingkat kesukaran, dan daya pembeda pada evaluasi kemampuan keterampilan membaca pada ranah kognitif siswa kelas VIII MTsN 1 Sidoarjo? 3. Bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan evaluasi kemampuan keterampilan membaca pada ranah kognitif siswa kelas VIII MTsN 1 Sidoarjo?
Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII- I di MTsN 1 Sidoarjo yang berjumlah 32 siswa.
Adapun hasil penelitian dapat dirangkum sebagai berikut : Aplikasi wizer.me terdapat banyak model soal yang membuat siswa senang dan bersemangat untuk mengerjakan dan berlomba-lomba untuk mendapatkan hasil yang baik. Peneliti menggunakan program computer Anates versi 4.0 for windows untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda pada butir soal yang akan digunakan evaluasi kepada siswa kelas VIII-I. Berdasarkan perbandingan r tabel tingkat validitas sebesar 0.05 dan didapatkan nilai koefisien korelasi 0.349 dari df = (N-1). Hasil validitas butir soal sebesar 0.45 yang memiliki kategori “Cukup”. Diketahui 8 butir soal signifikan dan tidak signifikan untuk 2 butir lainnya. Dan bobot reliabilitas ditemukan 0.62 termasuk kategori “Tinggi” yang memiliki 1 butir soal mudah dan 9 soal sedang. Dan diketahui daya pembeda memiliki kategori “Rendah” 1 soal, “Cukup” 1 soal, 7 soal dikatakan “Baik”, dan 1 soal “Sangat baik”, sehingga 9 soal yang dapat digunakan kembali. Juga terdapat dua faktor pendukung dan tiga faktor penghambat dalam pelaksanaan evaluasi dengan menggunakan aplikasi wizer.me, yaitu : Menghemat waktu pendidik untuk membuat soal pada aplikasi wizer.me. Pendidik tidak perlu menghitung dan merekap hasil penilaian seperti proses evaluasi pembelajaran biasanya yang menggunakan manual, namun terdapat kendala pada penggunaan aplikasi wizer.me dikarenakan siswa MTsN 1 Sidoarjo tidak boleh membawa hp ke dalam kelas saatpembelajaran, dan pendidik kurang
melek dengan teknologi, sehingga pendidik sedikit kesulitan saat awal mula memakai aplikasi wizer.me. pada aplikasi wizer.me pendidik dapat menggunakannya secara gratis, namun tidak semua fitur yang dapat digunakan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khoiroh, Himmatulokhk07@gmail.comD72218031
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBaihaqi, Muhammadbaihaqi.sby@gmail.com2020027401
Thesis advisorMuflihah, Muflihahmuflihah@uinsby.ac.id2012067602
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Evaluasi
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Aplikasi Wizer.me; keterampilan membaca
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Himmatul Khoiroh
Date Deposited: 21 Jul 2022 03:34
Last Modified: 21 Jul 2022 03:34
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/54222

Actions (login required)

View Item View Item