Manfaat sujud dalam sholat bagi kehidupan muslim: kajian ma’ani al-hadith pada kitab Sunan Al- Nasai nomer indeks 1139

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abidah, Rif'atul (2022) Manfaat sujud dalam sholat bagi kehidupan muslim: kajian ma’ani al-hadith pada kitab Sunan Al- Nasai nomer indeks 1139. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rif'atul Abidah_E95218096.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sujud merupakan rukun dalam shalat yang dilakukan oleh setiap umat islam sebagai kewajiban yang wajib dikerjakan dalam setiap waktu shalat. Sujud memiliki banyak keistimewaan serta manfaat dibaliknya.pada era sekarang ini banyaknya masyarakat yang belum mengetahui manfaat dibalik gerakan sujud ini, sehingga kebanyakan orang masih melakukan gerakan sujud ini dengan tidak benar. Dalam penelitian ini mengkaji mulai dari segi kualitash}adith serta keh}ujahan hadith, pemahaman ulama dan implikasi hadis tentang sujud dalam kehidupan muslim.Tujuan penelitian ini dilakukan guna untuk mengetahui data, kualitas hadis, pemahaman ulama mengenai hadis tentang manfaat sujud serta implikasi hadis mengenai sujud dalam kehidupan sehari-hari. Dalam penelitian ini, jenis penelitian nya menggunakan metode kualitatif yang bersifat library research atau kepustakaan. Untuk itu, dalam analisisnya dengan cara mengumpulkan data-data dari kitab, kitab-kitab syarah, buku ataupun jurnal yang berkaitan dengan pembahasan pada penelitian ini. Salah satu sumber utamanya yakni berasal dari kitab Sunan Al- Nasa>’i nomer indeks 1139. Dalam teori Ma’a>ni al-H}adith menurut Yusuf Qardhawi terdapat teori yang membedakan antara yang nyata dan ghaib. Setelah dilakukan penelitian, adapun contoh teori yang nyata yaitu dalam penelitian menurut Dekan School of Biomedica Sciences di Amerka Serikat mengatakan bahwa sujud dapat meningkatkan elektrolit, oksigen dan nutrisi ke dalam fungsi otak manusia. Sedangkan, teori yang ghaib contohnya yaitu ketika seseorang bersujud dapat mengobati insomnia atau susah tidur. Adapun hasil akhir dari penelitian ini adalah pertama, kualitas hadis tentang manfaat sujud ini adalah s}ah}ih} lidhatihi. Kedua, pemahaman ulama mengenai hadis tentang sujud ini diantaranya Memperbanyak sujud lebih utama dari pada memperlama berdiri. Kemudian pendapat lain mengatakan bahwa saat siang hari dianjurkan untuk memperbanyak sujud dan rukuk, dan untuk dimalam hari dianjurkan untuk memperpanjang berdiri. Ketiga, implikasinya dalam kehidupan sehari-hari yaitu gerakan sujud dalam sholat bisa digunakan sebagai pencegahan penyakit. Sebab dalam setiap gerakan dalam sholat banyak mengandung berbagai manfaat diantaranya dalam segi medis, seorang yang bersujud akan bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan, terutama pada otot leher dan lengan. Kemudian dari segi psikologi, seorang yang melakukan sujud akan bermanfaat bagi dirinya karena dengan sujud pikiran negatif akan tersingkirkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abidah, Rif'atulrifatulabidahabidah@gmail.comE95218096
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuhid, Muhidmuhid@uinsby.ac.id2002106301
Subjects: Ibadah
Kesehatan
Kesehatan
Keywords: Sujud; Sunan al-Nasa’i; medis
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Rif'atul Abidah
Date Deposited: 21 Jul 2022 03:08
Last Modified: 21 Jul 2022 03:08
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/54172

Actions (login required)

View Item View Item