Peningkatkan kemampuan membaca melalui strategi card sort pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas 1 MI Islamiyah Batokan Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afida, Siti Nurainia (2022) Peningkatkan kemampuan membaca melalui strategi card sort pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas 1 MI Islamiyah Batokan Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Nurainia Afida_D97218110.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sekolah Dasar menjadi dasar pendidikan bagi anak usia dini, di Sekolah Dasar mereka akan mulai mengenai dunia pendidikan yang sesungguhnya. Sekolah Dasar menjadi pondasi bagi para peserta untuk memperkuat dan memperbaiki membaca serta menghitung mereka. Penelitian ini dilakukan untuk mengatahui tingkat keefektifan strategi card sort dalam meningkatkan kemampuan membaca peserta didik dikelas 1 di MI Islamiyah Batokan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Ada 2 siklus yang dilakukan, yaitu siklus I dan siklus II, kedua siklus tersebut di perbandingkan ketuntasannya. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti, diketahui bahwa selama penelitian awalnya para peserta didik masih banyak yang tidak bisa membaca, hal ini bias dilihat saat dilaksanakan wawancara dengan peserta didik pada prasiklus dan dari hasil penilaian guru kelas. Peningkatan kemampuan membaca peserta didik mangalami peningkatan saat sudah di terapkan metode permainan susun kata. Pada siklus I peneliti mencoba menerapkan strategi card sort dan menunjukkan hasil yang positif, dimana peserta didik mulai memahami beberapa susunan kata sederhana saat permainan berlangsung, akan tetapi pada siklus I menunjukkan bahwa presentase keberhasilan peserta didik belum sempurna. Sehingga peneliti dan guru kelas memutuskan untuk melaksanakan kegiatan siklus II untuk mengevaluasi hasil dari kegiatan siklus I, dan pada siklus II menunjukkan para siswa sudah bisa membaca dengan lancar dengan bantuan strategi card sort. Dimana pada siklus II ini terjadi peningkatan hasil ketuntasan belajar peserta didik yang awalnya hanya 30,43% pada pra siklus, meningkat menjadi 65,22% pada siklus I, dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 86,95%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afida, Siti Nurainiasitinurainia13@gmail.comD97218110
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAlfin, Jauharoti--2006067301
Thesis advisorPangastuti, Ratnaratnapangastuti@hotmail.com2003118103
Subjects: Bahasa Indonesia
Keywords: Membaca; Pembelajaran B.Indonesia; metode permainan susun kata
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Nurainia Afida
Date Deposited: 21 Jul 2022 02:07
Last Modified: 21 Jul 2022 02:07
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/54130

Actions (login required)

View Item View Item