Analisis Fatwa DSN MUI No.05/DSN-MUI/IV/2000 dan hukum positif terhadap jual beli online handbody pemutih di instagram @skincareyukta Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmawati, Ferliana Novita (2022) Analisis Fatwa DSN MUI No.05/DSN-MUI/IV/2000 dan hukum positif terhadap jual beli online handbody pemutih di instagram @skincareyukta Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ferliana Novita Rahmawati_C72218064.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Fatwa DSN MUI No.5/DSN-MUI/IV/2000 dan Hukum Positif Terhadap Jual Beli Online Handbody Permutih Berdosis Tinggidi Instagram @Skincareyukta Kabupaten Sidoarjo” ini memiliki tujuan untukmenjawab rumusan masalah mengenai: 1) Bagaimana praktik jual beli onlinehandbody pemutih di Instagram @skincareyukta Kabupaten Sidoarjo? 2) Bagaimanaanalisis Fatwa DSN MUI NO.05/DSN-MUI/IV/2000 dan Hukum Positif terhadapjual beli online handbody pemutih di Instagram @skincareyukta Kabupaten Sidoarjo? Penelitian dalam skripsi ini menggunakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah sumber primer dan sumber sekunder yang hasilnya penulis dapatkan dari narasumber seorang penjual dan beberapa pembeli handbody pemutih berdosis tinggi di Instagran @skincareyukta menurut Fatwa DSN MUI No.5/DSN-MUI/IV/2000 dan Hukum Positif.Hasil dari penelitian ini penulis dapat menyimpulkan bahwa: (1) dalam praktik jual beli handbody pemutih berdosis tinggi di Instagram @skincareyukta dilakukandengan cara melakukan transaksi pembayaran terlebih dahulu setelah itu barangakan diberikan setelah terjadinya transaksi pembayaran. Apabila jarak darikediaman pembeli dekat dengan penjual maka barang akan dikirimkan oleh penjual, akan tetapi apabila jaraknya jauh maka akan dikirimkan menggunakan jasa ekspedisi. (2) jual beli handbody pemutih berdosis tinggi di Instagram @skincareyukta belum sesuai dengan ketentuan Fatwa DSN MUI No.5/DSN-MUI/IV/2000 karena penjual tidak memberikan informasi yang lengkap mengenai spesifik handbody pemutih berdosis tinggi tersebut secara jelas. Praktik jual beliyang dilakukan oleh @skincareyukta belum sesuai dengan Pasal 7 huruf (b), Pasal 8ayat (1) huruf (i), Pasal 17 ayat (1) huruf (a) dan (c) dalam Undang-Undang No. 8Tahun 1999 BPOM yang tidak sesuai dengan barang yang dijual. Jual beli hadbodypemutih berdosis tinggi ini belum sesuai denga Pasal 4 dalam Undang-Undang No33 Tahun 2014 karena handbody pemutih berdosis tinggi ini belum bersertifikat halal.
Dari kesimpulan diatas, penulis sangat mengharapkan agar pemilik akun@skincareyukta lebih berhati-hati dengan menjual produk yang memiliki BPOM dansertifikat halal, meningkatkan kualitas dari segi pelayanan dalam memberikan
informasi yang lengkap agar pembeli dapat merasa aman dan nyaman.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmawati, Ferliana Novitaferlyana.novita@gmail.comC72218064
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRohman, Moh. Faizurfaza.veiro@gmail.com2026118901
Subjects: Dagang
Hukum Ekonomi
Dagang > Hukum, Dagang
Keywords: Fatwa DSN MUI No.5/DSN-MUI/IV/2000; Undang-Undang No.8 Tahun 1999; Undang-Undang No33 Tahun 2014
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Ferlyana Novita Rahmawati
Date Deposited: 19 Jul 2022 05:36
Last Modified: 19 Jul 2022 05:36
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/54095

Actions (login required)

View Item View Item