Pemanfaatan asap cair limbah kulit buah siwalan sebagai biopestisida

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dewi, Septiyanna Rokhmawati (2022) Pemanfaatan asap cair limbah kulit buah siwalan sebagai biopestisida. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Septiyanna Rokmawati Dewi_H95218066.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pengunaan biopestisida sebagai alternatif pengendalian hama perusak lahan pertanian yang ramah lingkungan sangat dibutuhkan untuk meningkatkan produksi pangan yang berkelanjutan. Asap cair yaitu cairan dispersi uap asap dalam air yang terbuat dari bahan alami yang mengandung selulosa, hemiselulosa, dan lignin yang mampu menghasilkan senyawa racun untuk pengendalian hama. Salah satu bahan baku yang mengandung senyawa tersebut adalah kulit buah siwalan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memanfaatkan limbah kulit buah siwalan sebagai asap cair sebagai biopestisida pada ulat grayak. Penelitian ini mengunakan metode eksperimental, untuk mengidentifikasi pengaruh pemberian asap cair limbah kulit buah siwalan sebagai biopestisida dengan metode uji mortalitas ulat grayak. Hasil pirolisis asap cair berwarna coklat tua, jernih, memiliki bau seperti asap (sangit), dan memiliki tekstur encer yang selanjutnya dianalisis kandungan senyawanya mengunakan GCMS. Hasil penelitian didapatan 18 komponen senyawa penyusun asap cair limbah kulit buah siwalan, diantara senyawa yang berfungsi sebagai pestisida organik adalah fenol, furfuran, aseton, dan asam palimitat. Asap cair ini digunakan sebagai biopestisida pada ulat grayak variasi konsentrasi 5%, 7%, 9%, 11%, dan 13% dengan pengolahan data mortalitas mengunakan uji regresi probit yang diperoleh hasil rata-rata mortalitas ulat grayak dalam 2 kali pengulangan yaitu 5%, 10%, 15%, 20%, dan 35%. Semakin besar kosentrasi asap cair, niali mortalitas semakin meningkat. Nilai toksisitas LC50-24 jam asap cair sebesar 20%, kurang efektif untuk membunuh ulat grayak secara cepat, bahkan mortalitas pada konsentrasi maksimal hanya 35% atau belum mencapai kematian 50% dari hewan uji.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dewi, Septiyanna Rokhmawatiseptiyannard@gmail.comH95218066
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurmaningsih, Dyah Ratridyahratrin@gmail.com2022038501
Thesis advisorPribadi, Arqowiarqowi.pribadi@uinsby.ac.id2003018701
Subjects: Pertanian
Teknik Lingkungan
Ekologi
Keywords: Limbah kulit; buah siwalan; biopestisida
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Septiyanna Rokmawati Dewi
Date Deposited: 18 Jul 2022 09:02
Last Modified: 18 Jul 2022 09:02
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/53976

Actions (login required)

View Item View Item