Analisis Fatwa DSN No: 110/DSN-MUI/IX/2017 dan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen terhadap praktik jual beli Jersey Grade Ori Di Toko Jersey Sidoarjo Murah Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Istighfarina, Ulfah (2022) Analisis Fatwa DSN No: 110/DSN-MUI/IX/2017 dan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen terhadap praktik jual beli Jersey Grade Ori Di Toko Jersey Sidoarjo Murah Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ulfah Istighfarina_C02218042.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Fatwa DSN No: 110/DSN-MUI/IX/2017 Dan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Terhadap Praktik Jual Beli Jersey Grade Ori Di Toko Jersey Sidoarjo Murah Kabupaten Sidoarjo”. Ini adalah hasil penelitian lapangan yang bertujuan untuk menjawab rumusan masalah: 1) Bagaimana praktik jual beli jersey grade ori di Toko Jersey Sidoarjo Murah Kabupaten Sidoarjo? 2) Bagaimana analisis Fatwa DSN NO: 110/DSN-MUI/IX/2017 dan Undang-undang nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen terhadap jual beli jersey grade ori di Toko Jersey Sidoarjo Murah Kabupaten Sidoarjo? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan teknik pengumpulan data melalui dokumentasi dan wawancara bersama narasumber yang berhubungan dengan masalah yang diteliti. Data tersebut dianalisis menggunakan metode deskriptif analisis, jual beli jersey grade ori di Toko Jersey Sidoarjo Murah Kabupaten Sidoarjo, dengan pola pikir deduktif, yaitu mendeskripsikan praktik jual beli tersebut lalu dianalisis dengan Fatwa DSN NO: 110/DSN-MUI/IX/2017 dan Undang-undang nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa praktik jual beli yang dilakukan oleh pemilik Toko Jersey Sidoarjo Murah tersebut dilakukan secara langsung. Namun pada jual beli jersey grade ori tersebut pemilik toko kurang memberikan informasi yang jelas bahwa jersey tersebut tidak ori. Dalam isi Fatwa DSN No 110/DSN-MUI/IX/2017 tentang akad jual beli bahwa kegiatan transaksi jual beli pakaian olahraga yang yang dilakukan di Toko Jersey Sidoarjo Murah sudah memenuhi unsur rukun syarat dalam akad jual beli. Sedangkan menurut Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 praktik jual beli di Toko Jersey Sidoarjo Murah kurang sesuai dengan pasal 4 huruf c dan pasal 7 huruf b karena, pada praktik jual beli ini penjual kurang memberikan informasi yang detail mengenai jenis pruduk yang mereka jual kepada konsumen. Pada praktik ini konsumen dapat menukarkan barang apabila merasa kualitas atau kuantitas barang tersebut tidak sesuai dengan apa yang dibayangkannya, hal ini sesuai dengan ketentuan pasal 4 huruf h. Dari hasil pemaparan di atas penulis memberikan saran kepada penjual untuk memberikan informasi lebih jelas bahwa produk yang dijual bukan original tetapi produk yang memiliki kualitas hampir sama dengan original dan untuk pembeli diharapkan lebih memahami produk yang akan dibeli sehingga tidak menimbulkan kesalahpahaman antara kedua belah pihak yaitu antara pihak penjual dan pembeli.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Istighfarina, Ulfahfarinaulfh@gmail.comC02218042
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRohman, Moh. Faizurfaza.veiro@gmail.com2026118901
Subjects: Fatwa
Jual Beli
Keywords: Fatwa; Undang-undang; Grade Ori; Jual Beli
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Ulfah Istighfarina
Date Deposited: 14 Jul 2022 14:43
Last Modified: 14 Jul 2022 14:43
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/53966

Actions (login required)

View Item View Item