Penerapan strategi KWL (Know Want To Know-Learned) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada peserta didik kelas IV MI Ihyaul Ulum Cangaan Ujungpangkah Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syafitri, Dewi Nur (2022) Penerapan strategi KWL (Know Want To Know-Learned) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada peserta didik kelas IV MI Ihyaul Ulum Cangaan Ujungpangkah Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dewi Nur Syafitri_D97218078.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rendahnya kemampuan membaca pemahaman peserta didik pada kelas IV MI Ihyaul Ulum Cangaan Ujungpangkah Gresik menjadi latar belakang permasalahan pada penelitian ini. Berdasarkan data wawancara yang diperoleh setelah bertanya jawab dengan guru kelas, menyatakan bahwa strategi yang digunakan pada KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) selama ini kurang bervariasi sehingga menjadikan peserta didik mudah bosan saat dilakukan kegiatan membaca, sehingga peneliti melakukan perbaikan melalui penerapan strategi KWL (Know Want to know-Learned). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penerapan strategi KWL dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas IV MI Ihyaul Ulum Cangaan Ujungpangkah Gresik. 2) Peningkatan kemampuan membaca pemahaman dengan menerapkan strategi KWL pada peserta didik kelas IV MI Ihyaul Ulum Cangaan Ujungpangkah Gresik. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin yang dilakukan dengan dua siklus. Dalam setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, tes kemampuan membaca pemahaman dan rubrik tes kemampuan membaca pemahaman. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik, pedoman wawancara, tes kemampuan membaca pemahaman dan rubrik tes kemampuan membaca pemahaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penerapan strategi KWL dilakukan dengan optimal, ditunjukkan dengan adanya hasil observasi guru pada siklus I sebesar 72,91 (cukup), meningkat menjadi 89,58 (sangat baik) pada siklus II. Hasil observasi aktivitas peserta didik sebesar 68,75 (cukup) meningkat sebesar 87,5 (baik). 2) Peningkatan kemampuan membaca pemahaman peserta didik pada pra siklus memperoleh 38,2% (sangat kurang). Siklus I memperoleh ketuntasan 52,94% (kurang) dan siklus II memperoleh ketuntasan 82,35% (baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syafitri, Dewi Nurdwi17ns@gmail.comD97218078
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com2020027701
Thesis advisorMustofa, Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Subjects: Bahasa Indonesia
Keywords: Strategi KWL (Know Want to know-Learned); Kemampuan membaca Pemahaman; Materi Teks Nonfiksi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dewi Nur Syafitri
Date Deposited: 13 Jul 2022 21:34
Last Modified: 13 Jul 2022 21:34
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/53913

Actions (login required)

View Item View Item