Hubungan antara kemampuan membaca ayat al-qur’an dengan kemampuan membaca teks berbahasa arab pada siswa kelas II MINU Ngingas Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Tahmidah, Azmi (2022) Hubungan antara kemampuan membaca ayat al-qur’an dengan kemampuan membaca teks berbahasa arab pada siswa kelas II MINU Ngingas Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Azmi Tahmidah_D97218074.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan membaca Al-Qur’an dan bahasa Arab yang dibutuhkan siswa karena beberapa materi pembelajaran di madrasah menggunakan tulisan berbahasa Arab. Siswa yang mampu dalam membaca Al-Qur’an dan bahasa Arab akan sangat membantu dalam proses pembelajaran. Meski bahasa Arab dan bahasa dalam Al-Qur’an sama-sama menggunakan bahasa Arab, terdapat perbedaan mendasar diantara keduanya. Dalam Al-Qur’an, selain terdapat ketentuan yang mengatur pola pengucapan juga terdapat ketentuan ilmu tajwid yang didalamnya mengatur tentang cara membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Sedangkan pada pembelajaran bahasa Arab terdapat unsur kebahasaan yang terdiri dari pola pengucapan (bunyi), kata, makna.Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui kondisi kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas II MINU Ngingas Waru Sidoarjo; 2) Untuk mengetahui kondisi kemampuan membaca Bahasa Arab siswa kelas II MINU Ngingas Waru Sidoarjo; 3) Untuk mengetahui hubungan kemampuan membaca ayat Al-Qur’an dengan kemampuan membaca teks berbahasa Arab pada siswa kelas II MINU Ngingas Waru Sidoarjo. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan desain penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II MINU Ngingas Waru Sidoarjo yang berjumlah 111 siswa. Jumlah sampel yang dipilih dalam penelitian ini berjumlah 28 siswa kelas II MINU Ngingas Waru Sidoarjo yang diambil 25% dari jumlah populasi keseluruhan dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui tes, dokumentasi, dan wawancara. Dari hasil penelitian diperoleh: 1) Kemampuan membaca ayat Al-Qur’an siswa kelas II MINU Ngingas Waru Sidoarjo dinyatakan cukup baik; 2) Kemampuan membaca teks berbahasa Arab siswa kelas II MINU Ngingas Waru tergolong cukup baik; 3) Kemampuan membaca ayat Al-Qur’an dengan kemampuan membaca teks berbahasa Arab siswa kelas II MINU Ngingas Waru Sidoarjo menunjukkan hubungan yang positif dan signifikan. Hasil tersebut dibuktikan dengan perolehan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan koefisien korelasi sebesar 0,925, yang mana 0,00 < 0,05 dan 0,925 > 0,374 serta hasil uji signifikansi sebesar 3,860, dimana 3,860 > 2,056 sehingga diperoleh kesimpulan Ha diterima dan Ho ditolak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Tahmidah, Azmitahmidahazmi@gmail.comD97218074
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufik, Taufiktaufiksiraj@uinsby.ac.id2002027303
Thesis advisorMasud, Sulthonsulthon.masud@uinsby.ac.id2073091001
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Qira'ah
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: hubungan; kemampuan membaca; Al-Qur’an; teks berbahasa arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Azmi Tahmidah
Date Deposited: 13 Jul 2022 01:27
Last Modified: 13 Jul 2022 01:27
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/53882

Actions (login required)

View Item View Item