Sejarah perkembangan tradisi sungkeman masyarakat Pasuruan pada tahun 1960-2000

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fadilah, Indah Nur (2022) Sejarah perkembangan tradisi sungkeman masyarakat Pasuruan pada tahun 1960-2000. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Indah Nur Fadilah_A92218103.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berfokus pada tiga rumusan masalah yaitu: (1) Bagaimana sejarah tradisi sungkeman masyarakat Pasuruan? (2) Bagaimana perkembangan tradisi sungkeman pada masyarakat Pasuruan? (3) Apa makna tradisi sungkeman bagi masyarakat Pasuruan? Penelitian ini dalam penulisannya menggunakan pendekatan antropologi budaya, pendekatan ini bertujuan untuk menelaah fenomena dan mampu membaca kondisi masyaraka. Dan masyarakat mampu menghasilkan sebuah kebudayaan serta tradisi yang berasal dari ide atau gagasan yang berkembang pada suatu masa dan ruang tertentu. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teori fungsionalisme dari Mallinowski. Pada proses pengumpulan data, peneliti menggunakan metode sejarah yang terdiri dari Heuristik, verfikasi (kritik sumber), interpretasi, dan historiografi. Hasil penelitian ini di dapatkan menyimpulkan bahwa: (1) Asal-usul tradisi sungkeman masyarakat Pasuruan berasal dari kesultanan Surakarta-Yogyakarta yang awalnya hanya penghormatan yang diberikan kepada raja berupa ciuman lutut, kemudian berkembang pada masyarakat penghormatan kepada orang yang lebih dituakan. (2) Periode perkembangan tradisi sungkeman masyarakat Pasuruan yakni pada 1960-2000 mengalami perubahan, meski tidak signifikan namun Nampak perbedaannya. Terutama pada perubahan karakteristik, tingkah laku, serta bahasa yang digunakan. (3) Kondisi masyarakat Pasuruan dalam melakukan tradisi sungkeman terlihat pada pemahaman makna yang tersirat, menghasilkan sebuah kebiasaan dan budaya seperti menjadi bentuk tanda penghormatan, bentuk rasa tunduk dan patuh serta bentuk rasa syukur dan ucapan terimakasih.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fadilah, Indah Nurfadilahafnan348@gmailA92218103
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZakariya, Nur Mukhlishmukhlishnur12@gmail.com2001107302
Thesis advisorHajar, Imam Ibnuimamibnuhajar@gmail,com196808062000031003
Subjects: Kebudayaan Jawa
Sejarah Peradaban Islam
Budaya
Keywords: Tradisi sungkeman; masyarakat Pasuruan; ciuman lutut
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Indah Nur Fadilah
Date Deposited: 12 Jul 2022 03:59
Last Modified: 12 Jul 2022 03:59
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/53864

Actions (login required)

View Item View Item