Fenomena Childfree Marriage di kalangan Selebriti: studi Ma'anil hadis dalam Sunan Abu Dawud Nomor Indeks 2050

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulana, Muhammad Hafid (2022) Fenomena Childfree Marriage di kalangan Selebriti: studi Ma'anil hadis dalam Sunan Abu Dawud Nomor Indeks 2050. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Hafid Maulana_E95218091.pdf

Download (3MB)

Abstract

Rasulullah pernah memerintahkan agar umatnya memilih wanita subur untuk dinikahi sehingga dapat memperoleh banyak keturunan. Namun akhir-akhir ini muncul sebuah fenomena childfree marriage yaitu sepasang suami-istri yang telah menikah memutuskan untuk hidup tanpa anak. Penelitian ini akan meneliti tentang hadis perintah Rasulullah untuk menikahi wanita subur agar memperoleh keturunan yang banyak, terkait dengan sanad, matan dan korelasinya dengan fenomena childfree marriage. Tujuan dari penelitian ini adalah menemukan data keshahihan dan kehujjahan sehingga dapat dikorelasikan dengan fenomena childfree marriage. Pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yaitu menelusuri data, fakta dan informasi yang terkait. kemudian dilakukan analisis dengan teori-teori dan hipotesis yang berkaitan sehingga memperoleh gambaran mengenai childfree. Untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam dan menyeluruh terhadap hadis perintah Rasulullah untuk menikahi wanita subur agar memperoleh banyak anak, penelitian ini menggunakan ilmu ma’anil hadis. Data primer dari penelitian ini adalah Kitab Sunan Abu Dawud. Serta data sekunder berupa berbagai litelatur yang memiliki relevansi dengan penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hadis tentang perintah rasulullah untuk menikahi wanita subur agar memperoleh keturunan yang banyak adalah hadis shahih. Pemaknaan dari hadis tersebut adalah pentingnnya meneruskan garis keturunan dengan cara memiliki anak. Korelasinya dengan childfree marriage adalah tercegahbya diri dari melakukan sunnah nabi atau lebih sering di sebut tarku al-sunnah. Selain itu, childfree juga menyebabkan sepasang suami-istri tidak memperoleh hikmah dari mempunyai anak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulana, Muhammad HafidLanamau557@gmail.comE95218091
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIlmiyah, Dakhirotuldakhirotulilmiyah74@gmail.com2007027401
Subjects: Anak
Nikah
Hadis
Keywords: Childfree; Sunan Abu Dawud
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Muhammad Hafid Maulana
Date Deposited: 13 Jul 2022 02:36
Last Modified: 13 Jul 2022 02:36
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/53857

Actions (login required)

View Item View Item