Konsep toleransi Habib Husein Ja’far Al-Hadar pada kanal youtube Jeda Nulis perspektif semiotika Charles Sanders Pierce

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Paramitha, Aghfanny Prajna (2022) Konsep toleransi Habib Husein Ja’far Al-Hadar pada kanal youtube Jeda Nulis perspektif semiotika Charles Sanders Pierce. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aghfanny Prajna Paramitha_E71218027.pdf

Download (3MB)

Abstract

Konsep toleransi yang diajarkan pada kanal Youtube Jeda Nulis milik Habib Husein Ja’far Al-Hadar yang masih aktif menyuarakan moderasi beragaman. Beliau adalah salah seorang habib yang bergelar pula sebagai konten kreator pada sosial miliknya guna menyebarkan nilai-nilai toleransi dan sikap saling menghargai antar pemeluk agama. Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui konsep toleransi seperti apakah yang diajarkan oleh seorang Habib Husein Ja’far Al-Hadar dalam perspektif semiotika Charles Sanders Peirce. Penelitian ini bertujuan Untuk memahami analisis semiotika pada konten toleransi dalam kanal youtube Jeda Nulis. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode Digital Research. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan teori semiotika Charles Sanders Peirce sebagai kacamata dalam analisa pembahasan tersebut. sebagaimana disebutkan, bahwa teori tersebut menggunakan triadic atau lebih sering didengan sebagai trikotomi dalam membaca permasalahan, yaitu: Representamen, objek, dan interpretan. Dalam penelitian ini ditekankan dalam hubungan antara representamen dengan objek, dalam objek itu sendiri terdapat ikon, indeks, dan simbol yang digunakan sebagai analisa untuk mengungkap konsep toleransi pada kanal youtube Jeda Nulis. Dalam penelitian ini Pembentukan konsep toleransi Habib Husein Ja’far Al-Hadar pada kanal youtube Jeda Nulis tersebut adalah sikap saling menghargai dengan saling mendengarkan dan berdiskusi secara dua arah. Latar belakang konsep tersebut berasal dari kecenderungan beliau yang tidak pernah memandang latar belakang orang yang diajak untuk berdiskusi. Melalui kanal youtube Jeda Nulis beliau mewujudkan cita-cita yang diimpikan ayahnya, yakni menjadi seorang Habib yang menyatukan umat dengan dakwahnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Paramitha, Aghfanny Prajnaparamithap17@gmail.comE71218027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZamzami, Mukhammadmukhammadzamzami@gmail.com2015098101
Subjects: Media Sosial
Toleransi Islam
Toleransi
Keywords: Toleransi; Moderasi Beragama; Dunia Digital
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Aghfanny Prajna Paramitha
Date Deposited: 11 Jul 2022 04:06
Last Modified: 11 Jul 2022 04:06
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/53851

Actions (login required)

View Item View Item