Peningkatan hasil belajar siswa melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada Materi Pengukuran Panjang Kelas II Mi Hasanuddin Dawarblandong Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dewy, Aulia Ramadhany (2022) Peningkatan hasil belajar siswa melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada Materi Pengukuran Panjang Kelas II Mi Hasanuddin Dawarblandong Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aulia Ramadhany Dewy_D97218072.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran Matematika di MI Hasanuddin dawarblandong Mojokerto masih kurang maksimal, hal ini dibuktikan dari hasil ulangan harian siswa dengan ketuntasan belajar 40,90% (sangat kurang). Untuk meningkatkan hasil belajar siswa, peneliti mengambil tindakan melalui pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI), yang dilakukan dalam dua siklus. Tujuan dari penelitian ini yaitu, 1) Mengetahui penerapan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dalam meningkatkan hasil belajar siswa materi pengukuran panjang kelas II MI Hasanuddin Dawarblandong Mojokerto. 2) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa materi pengukuran panjang kelas II MI Hasanuddin Dawarblandong Mojokerto setelah menggunakan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI).Metode penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan Kurt Lewin yang terdiri atas empat langkah pokok, yaitu: 1. Perencanaan, 2. Tindakan, 3. Observasi, 4. Refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas II MI Hasanuddin Dawarblandong Mojokerto dengan jumlah 22 siswa. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes tulis, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dapat berjalan dengan lancar. hal ini dapat dilihat pada hasil skor observasi aktivitas guru pada siklus I sebesar 71,87 dan pada siklus II meningkat menjadi 90,62. Hasil skor observasi aktivitas siswa dari siklus I 70,65 dan pada siklus II meningkat menjadi 89,13. 2) Peningkatan hasil belajar siswa menggunakan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI) hal ini dapat dilihat darinilai rata-rata kelas siswa dari siklus I yaitu 70,18, meningkat pada siklus IImenjadi 83,59 serta pada siklus I persentase ketuntsan hasil belajar siswa sebesar 59,09% jumlah siswa tuntas dan pada siklus II sebesar 86,36%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dewy, Aulia Ramadhanyauliard28@gmail.comD97218072
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinsihabudin@uinsby.ac.id2020027701
Subjects: Belajar
Islam dan Ilmu Pengetahuan
Matematika
Keywords: Hasil belajar; pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI); pengukuran panjang
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aulia Ramadhany Dewy
Date Deposited: 06 Jul 2022 05:05
Last Modified: 06 Jul 2022 05:05
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/53789

Actions (login required)

View Item View Item