Kajian tematik hadis etika makan dalam kitab Ihyā’ `Ulūmuddīn karya Imam Al-Gazālī: perspektif ilmu kesehatan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mukarromah, Fitriatul (2022) Kajian tematik hadis etika makan dalam kitab Ihyā’ `Ulūmuddīn karya Imam Al-Gazālī: perspektif ilmu kesehatan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fitriatul Mukarromah_E75218044.pdf

Download (2MB)

Abstract

Etika makan dalam Islam disebut dengan istilah adab makan. Sumbernya berasal dari perilaku makan Nabi Muhammad SAW sehari-hari. Etika makan telah diajarkan sejak dalam usia belia, dengan harapan seseorang dapat menjaga pola etika makannya. Pembahasan etika makan juga banyak dikaji oleh ulama, salah satu Ihyā’ `Ulūmuddīn karya Imam al-Gazālī. Dalam kitab tersebut Imam juga menguraikan penjelasan etika makan dengan hadis-hadis Nabi sebagai sumbernya. Namun seiring waktu, etika makan tidak lagi menjadi hal yang penting. Padahal etika makan yang diajarkan Nabi memiliki manfaat yang positif bagi tubuh manusia. Sehingga penulis bermaksud menguraikan kembali etika makan dalam kitab Ihyā’ `Ulūmuddīn dengan pembahasan yang sistematis serta juga menguraikan manfaatnya dari segi ilmu kesehatan. Penelitian ini membahas etika makan dalam kitab Ihyā’ `Ulūmuddīn yang disajikan dengan beberapa hadis-hadisnya disertai pembahasan yang sistematis disertai relevansinya dari segi ilmu kesehatan. Kemudian hadis-hadis tersebut akan diteliti sehingga hadis-hadis tersebut juga dapat diuraikan kehujjahan dan kualitasnya secara sanad dan matan. Dalam memenuhi tujuan penelitian ini, penulis menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data library research. Kemudian menggunakan beberapa teori, yaitu metode kajian tematik (Maudhu`ī Hadis) untuk memahami hadis dengan mengumpulkan beberapa hadis yang setema secara umum atau khusus. Kemudian Ilmu Jarh Wa Ta`dīl untuk dapat mendeskripsikan kualitas dan kehujjahan hadis. Serta Ilmu Kesehatan sebagai acuan relevansi bahwa hadis etika makan memiliki manfaat bagi kesehatan manusia. Kesimpulan penelitian ini yaitu hadis-hadis etika makan dalam kitab Ihyā’ `Ulūmuddīn yang diuraikan dalam penelitian ini berstatus ṣahīh dan hasan. Maka kemudian kehujjahan daripada hadis tersebut dapat ditetapkan menjadi maqbul ma’mun bih atau maqbul. Sedangkan etika makan sendiri atau secara umum dalam kitab Ihyā’ `Ulūmuddīn secara umum terbagi menjadi 3 bagian, yaitu etika sebelum, saat dan sesudah makan. Pendekatan ilmu umum yang digunakan dalam penelitian ini adalah ilmu kesehatan. Ilmu kesehatan secara umum terbagi menjadi 4 aspek, aspek fisik, mental, sosial dan ekonomi. Analisa relevansi dari setiap rincian yang ada dalam hadis etika makan tersebut memiliki manfaat yang posistif bagi kesehatan tubuh kita, baik kesehatan secara fisik, mental dan sosial.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mukarromah, Fitriatulfitriatulmukarromah1230@gmail.comE75218044
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIlmiyah, Dakhirotuldakhirotulilmiyah74@gmail.com2007027401
Subjects: Kesehatan
Kesehatan

Etika
Hadis
Keywords: Ihyā’ `Ulūmuddīn; etika makan; kesehatan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Fitriatul Mukarromah
Date Deposited: 06 Jul 2022 03:06
Last Modified: 06 Jul 2022 03:06
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/53785

Actions (login required)

View Item View Item