HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN MATERI PEMBELAJARAN FIQIH WUDHU DENGAN PRAKTIK WUDHU PADA PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTS NURUL HUDA SEDATI

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wati, Anisa Rachma (2016) HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN MATERI PEMBELAJARAN FIQIH WUDHU DENGAN PRAKTIK WUDHU PADA PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTS NURUL HUDA SEDATI. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (813kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (689kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (575kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. Pemahaman Materi Pembelajaran Fiqih Wudhu Peserta Didik Kelas VII MTs Nurul Huda Sedati 2. Praktik Wudhu Peserta Didik Kelas VII MTs Nurul Huda Sedati 3. Hubungan antara Pemahaman Materi Pembelajaran Fiqih Wudhu dengan Praktik Wudhu Pada Peserta Didik Kelas VII MTs Nurul Huda Sedati.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dari penelitian ini berjumlah 216 peserta didik dan mengambil sampel sebanyak 140 peserta didik atau 65% dari polulasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode pokok tes obyektif untuk memperoleh data variabel X yaitu pemahaman materi pembelajaran fiqih wudhu dan menggunakan metode observasi untuk memperoleh data variabel Y yaitu praktik wudhu pada peserta didik kelas VII MTs Nurul Huda Sedati. Kemudian ditunjang untuk memperoleh data tambahan dengan metode wawancara yaitu untuk dokumentasi guna mengetahui sejarah, struktur organisasi dan keadaan guru dan siswa. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik statistik inferensial, pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis korelasi Product Moment. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa:
1.Pemahaman shalat peserta didik kelas VII MTs Nurul Huda Sedati masuk dalam kategori sedang. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis yang menunjukkan nilai mean 79,75 yaitu terdapat antara interval (73-85) dan nilai tersebut termasuk kategori sedang.
2.Praktik wudhu masuk dalam kategori sedang. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis yang menunjukkan nilai mean 79,37 yaitu terdapat antara interval (74-84) dan nilai tersebut rmasuk kategori sedang.
3.Berdasarkan pada penelitian kuantitatif yang menggunakan teknik korelasi product moment dari hasil penelitian menunjukan bahwa nilai r hitung = 0,873 dan r tabel pada taraf signifikansi 5% = 0,166 dan taraf signifikansi 1% = 0,217 yang berarti r hitung > r tabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan korelasi tersebut signifikan artinya ada hubungan antara pemahaman materi pembelajaran fiqih wudhu dengan praktik wudhu peserta didik kelas VII MTs Nurul Huda Sedati) dan hubungan tersebut masuk pada kriteria kuat karena r hitung berada pada interval 0,71 < r hitung < 0,90.Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi kepala madrasah, pengurus, dan para guru MTs Nurul Huda Sedati agar dapat menumbuhkan pemahaman materi pembelajaran fiqih wudhu dan praktik wudhu peserta didik di MTs Nurul Huda Sedati.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wati, Anisa RachmaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Ibadah
Uncontrolled Keywords: Pemahaman; Pembelajaran; materi; Praktik;
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anisa Rachma Wati
Date Deposited: 30 Mar 2016 01:49
Last Modified: 30 Mar 2016 01:49
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/5376

Actions (login required)

View Item View Item