Sulam alis untuk kecantikan: studi hadis Shahih Muslim nomor indeks 2124

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Romadhoni, Mokhammad Iqbal (2022) Sulam alis untuk kecantikan: studi hadis Shahih Muslim nomor indeks 2124. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mokh Iqbal Romadhoni_E05218018.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dengan seiring berkembangnya zaman dalam kehidupan manusia mulai banyak terciptanya alat-alat modern untuk menunjang kehidupan manusia. Hingga alat-alat untuk kecantikanpun kini mulai beragam model, bentuk dan fungsinya. Manusia diciptakan oleh Allah swt dengan bentuk yang sebaik-baiknya. Akan tetapi manusia juga diciptakan dengan hawa nafsu yang membuatnya merasa kurang terus atas apa yang telah Allah swt tetapkan kepadanya sehingga saat ini banyak sekali manusia yang melakukan perubahan dalam dirinya. Seperti misalnya melakukan operasi plastik, tanam benang, filler maupun sulam baik itu sulam alis atau bibir. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini meliputi pemaknaan hadis tentang Allah swt dan Rasulullah saw melaknat wanita yang menyambung rambut dan melakukan tato beserta dengan kualitas dari hadis tersebut baik dari segi matan maupun sanadnya. Dalam penelitian ini juga akan memaparkan mengenai sulam alis atau tato, yang diantaranya ada tata cara sulam alis, hal-hal yang perlu diperhatikan, macam-macamnya, serta bagaimana dampaknya bagi kesehatan. Kesimpulan dan hasil dari penelitian ini, kualitas dari hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim tentang larangan untuk menyambung rambut dan tato itu hasan namun karena adanya dukungan dari jalur sanad lain yang kualitasnya shahih maka kualitasnya menjadi shahih lighairihi. Sedangkan untuk relevansinya dengan kehidupan zaman sekarang ialah agar manusia lebih berhati-hati dalam melakukan segala hal, diperbolehkan untuk mempercantik diri namun tidak dengan merubah ketetapan yang telah Allah swt berikan dan tidak melanggar syariat agama. Karena melakukan sambung rambut dan tato itu merupakan perbuatan yang sangat tidak disukai oleh Allah swt.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Romadhoni, Mokhammad Iqbale05218018@uinsby.ac.idE05218018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFaruq, Umar-2005076201
Subjects: Kedokteran > Kedokteran dan Agama
Budaya
Keywords: Sulam alis; Shahih Muslim; relevansi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Mokhammad Iqbal Romadhoni
Date Deposited: 05 Jul 2022 06:37
Last Modified: 05 Jul 2022 06:37
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/53748

Actions (login required)

View Item View Item