Implementasi model pembelajaran blended-learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti dalam mengatasi stres akademik siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Taman Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Diana, Deva Riska Noor (2022) Implementasi model pembelajaran blended-learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti dalam mengatasi stres akademik siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Deva Riska Noor Diana_D71218063.pdf

Download (2MB)

Abstract

Model pembelajaran blended-learning merupakan kebijakan pemerintah untuk mengatasi stress akademik siswa yang meningkat karena dampak pembelajaran daring di masa pandemi.Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji beberapa masalah yaitu (1) implementasi model pembelajaran blended-learning dalam mengatasi stres akademik siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas XI (2) kelebihan dan kekurangan model pembelajaran tersebut dalam mengatasi stres akademik siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas XI. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Data yang dikumpulkan berasal dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan tiga tahap yaitu tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran blended-learning pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas XI diimplementasikan dengan menggabungkan pembelajaran daring dan pembelajaran tatap muka dengan penggabungan antar metode, antar media, dan antar evaluasi pembelajaran dengan menggunakan pendekatan enriched-virtual dengan tipe interaksi pembelajaran asynchronous dan synchronous. Adapun metode yang digunakan adalah metode diskusi, tanya jawab, dan diskusi. Media pembelajaran yang dipakai adalah gooogle meet, whatsapp group, google classromm, dan powerpoint. Bentuk evaluasi digunakan adalah ujian tulis, essay, ujian lisan, dan hafalan. Bentuk implementasi model pembelajaran blended-learning daam mengatasi stress akademik siswa pada mata pelajaran kelas XI ditunjukkan dengan respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran blended-learning pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti yakni siswa tidak merasa bosan, lebih mudah memahami materi pembelajaran, antusias dalam proses pembelajaran dan beban tugas yang berkurang. (2) kelebihan model pembelajaran blended-learning dalam mengatasi stress akademik pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas XI adalah beban tugas berkurang, lebih mudah memahami materi pembelajaran, keaktifan siswa meningkat, dan pembelajaran lebih menyenangkan sementara kekurangannya adalah fasilitas daring yang tidak memadai, sulit mengakses materi pembelajaran daring, dan sulit fokus saat pembelajaran daring.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Diana, Deva Riska Noordevariskandd@gmail.comD71218063
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTolchah, Mochammadmochtolchah@yahoo.com2005035301
Thesis advisorChanna, Lilieklilikchanna@gmail.com2018126701
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Psikologi Belajar
Keywords: Implementasi; Blended-learning; Stres Akademik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Deva Riska Noor Diana
Date Deposited: 05 Jul 2022 02:30
Last Modified: 05 Jul 2022 02:30
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/53729

Actions (login required)

View Item View Item