Strategi pembelajaran pendidikan agama Islam pada peserta didik berkebutuhan khusus di UPT SMP Negeri 30 Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fatilah, Masihatul (2022) Strategi pembelajaran pendidikan agama Islam pada peserta didik berkebutuhan khusus di UPT SMP Negeri 30 Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Masihatul Fatilah_D91218142.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini didasari oleh kebijakan pemerintah yang mewajibkan setiap sekolah atau lembaga pendidikan formal untuk menyelenggarakan pendidikan inklusi. Berdasarkan hal tersebut, peneliti memiliki pandangan bahwa kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru akan jauh lebih sulit di kelas inklusi. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian mengenai strategi pembelajaran yang dilakukan oleh guru (khususnya guru PAI) pada peserta didik berkebutuhan khusus di UPT SMP Negeri 30 Gresik. Dalam penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif, dimana subjeknya adalah guru PAI, Wakil Kepala Sekolah, dan GPK. Dalam mengumpulkan data-datanya digunakan metode obervasi, wawancara, dan dokumentasi. Sementara itu, analisis data dilakukan melalui tiga tahap, yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi pembelajaran yang dilakukan oleh guru PAI tidak lepas dari yang namanya perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. (2) Faktor pendukungnya antara lain: adanya GPK, adanya guru les, dukungan keluarga, sarana dan prasarana memadai, dan peserta didik lainnya yang menghargai. (3) Faktor penghambatnya meliputi: peserta didik berkebutuhan khusus pasif dan kadang malas belajar, jenis kebutuhan berbeda dan kurangnya GPK, terbatasnya ekonomi keluarga, guru kurang memiliki keterampilan, dan guru tidak mendapatkan pelatihan khusus. Solusi dalam mengatasinya antara lain: guru melayani dengan sabar, memotivasi, berkomunikasi dengan orang tua mereka, dan harus ada pelatihan tentang sekolah inklusi bagi guru.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fatilah, Masihatulmasihatulfatilah@gmail.comD91218142
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFahmi, Muhammadfahmi_yes@yahoo.com2106087701
Thesis advisorFaizin, Moh.faizin-ahwan@yahoo.com2015087202
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Anak > Anak Penyandang Cacat
Keywords: strategi pembelajaran; pendidikan agama islam; peserta didik berkebutuhan Khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Masihatul Fatilah
Date Deposited: 02 Jul 2022 02:49
Last Modified: 02 Jul 2022 02:49
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/53725

Actions (login required)

View Item View Item