Fenomena hijrah dikalangan artis: analisis eksistensialisme Soren Kierkegaard

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Latifa, Eka Dian (2019) Fenomena hijrah dikalangan artis: analisis eksistensialisme Soren Kierkegaard. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Eka Dian Latifa_E01212003.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian melalui media sosial yang berjudul “Fenomena Hijrah di Kalangan Artis Perspektif Eksistensialisme Soren Kierkegaard”. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis maupun lisan dari para artis yaitu selaku orang yang diamati dengan menggunakan pendekatan eksistensialisme Kierkegaard. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada banyak artis yang sudah berhijrah, akan tetapi penulis hanya mencantumkan beberapa artis diantaranya Tantri Syalindri Ichlasari, Kartika Putri, Jhody Sumantri. Kemudian fenomena tersebut dianalisis menggunakan pendekatan perubahan Eksistensialisme Soren Kierkegaard melalui tahap-tahap eksistensinya, yaitu: Tahap Estetis, Tahap Etis dan Tahap Religius. Ketiga tahapan tersebut berkesinambungan dengan perubahan yang dialami oleh para artis baik perubahan dalam dirinya yang dimulai dari kesenangan akan hal duniawi sampai ia sadar dan mengakui dosa, serta memilih untuk berhijrah dan kembali kepada Allah Swt. ia juga memilih untuk menutup diri dengan tujuan menghindari diri dari hal-hal yang tidak diinginkan. Sehingga muncullah dampak bagi artis yang sudah berhijrah yaitu siap pensiun dari dunia artis, perubahan ekonomi yang tidak sejahtera seperti sebelum ia hijrah, mengalami masalah pada pekerjaannya dan lain sebagainya..

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Latifa, Eka Dianekadian2511@gamil.comE01212003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuktafi, Muktafimuktafisahal2@gmail.com2013086001
Thesis advisorMahzumi, Fikrifikrimuz@gmail.com2115048201
Subjects: Jilbab
Keywords: fenomena hijrah, artis, eksistensialisme Soren Kierkegaard
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Eka Dian Latifa
Date Deposited: 29 Jun 2022 01:56
Last Modified: 29 Jun 2022 01:56
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/53681

Actions (login required)

View Item View Item