Pengembangan multimedia “Al-Isro” dalam peningkatan hasil belajar mata pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah As-Syafi’iyah Tanggulangin Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Isro'iyah, Isro'iyah (2022) Pengembangan multimedia “Al-Isro” dalam peningkatan hasil belajar mata pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah As-Syafi’iyah Tanggulangin Sidoarjo. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Isro'iyah_F03118063 baru.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pedoman pelaksanaan pembelajaran (Best Practice) MA. As-Syafi’iyah sangat baik dilakukan hanya saja kurang maksimal. Hal ini dapat dilihat dari beberapa masalah diantaranya motivasi siswa dalam mengikuti pelajaran yang kurang bersemangat, seringkali ketuntasan belajar belum terselesaikan dan penggunaan multimedia belum pernah dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia “Al-Isro” yang dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Fikih. Ada empat permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini yaitu; bagaimanakan rancangan produk pengembangan multimedia “Al-Isro”? , bagaimanakah tahapan pengembangan multimedia “Al-Isro”?, bagaimanakah penerapan pengembangan multimedia “Al-Isro”?, apakah pengembangan multimedia “Al-Isro” dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Fikih?. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) Sugiyono dengan langkah-langkah sebagai berikut; penelitian, perancangan, produksi dan pengujian. Keberhasilan produk ini dilakukan pada kelas X IPA sebanyak 30 siswa MA. As-Syafi’iyah Tanggulangin Sidoarjo. Teknik pengumpulan datanya dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, angket dan tes. Data yang terkumpul akan dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif dilakukan dengan cara mengumpulkan semua data kemudian mereduksi data, menganalisis dari masing-masing katagori dan menyimpulkannya. Adapun analisis kuantitatif dilakukan dengan menggunakan analisis persentase dan anlisis two related sample test. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah multimedia “Al-Isro” berbentuk e-learning berbasis website yang berfungsi sebagai alat untuk mempromosikan materi pelajaran, sebagai komunitas pembelajaran dan sebagai alat evaluasi belajar. Sedangkan keefektifan multimedia ini dapat dinyatakan efektif karena dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Fikih dengan dibuktikan dari “Test statistics” diketahui Asymp. Sig. (2-tailed) bernilai 0,000. Karena nilai 0,000 lebih kecil dari <0,05, maka terdapat perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan multimedia “Al-Isro”. Selisih nilai rata-rata sebelum dan sesudah menggunakan multimedia “Al-Isro” adalah -21,20.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Isro'iyah, Isro'iyahIsroiyah99@mail.comF03118063
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBawani, Imam--2012085201
Thesis advisorRosyidiyah, Evi Fatimaturevifatimatur@uinsby.ac.id2027127301
Subjects: Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: multimedia; Al-Isro; hasil belajar
Divisions: Program Doktor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Neng Hj. Isro'iyah Isro'iyah
Date Deposited: 09 Jul 2022 12:25
Last Modified: 09 Jul 2022 12:25
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/53668

Actions (login required)

View Item View Item