Korelasi prestasi belajar Mata Pelajaran Fikih dan Akidah Akhlak dengan aktivitas ibadah siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Model Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitrianto, Dihan Syahri (2019) Korelasi prestasi belajar Mata Pelajaran Fikih dan Akidah Akhlak dengan aktivitas ibadah siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Model Bojonegoro. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dihan Syahri Fitrianto_F12315203.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fokus utama penelitian ini didasari karena selama ini banyak orang berasumsi bahwa ada hubungan antara ilmu dan amal, antara prestasi dan perilaku. Tetapi pada kenyataannya tidaklah selalu seperti itu. Untuk membuktikan kebenaran asumsi tersebut penulis melakukan penelitian tentang apakah ada korelasi antara prestasi belajar mata pelajaran Fikih dan Akidah Akhlak dengan aktivitas ibadah. Secara lebih detail penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) besarnya hubungan antara prestasi belajar mata pelajaran Fikih dengan aktivitas ibadah siswa kelas XI MAN 1 Model Bojonegoro; 2) besarnya hubungan antara prestasi belajar mata pelajaran Akidah Akhlak dengan aktivitas ibadah siswa kelas XI MAN 1 Model Bojonegoro; 3) besarnya hubungan antara kedua mata pelajaran tersebut secara bersamaan dengan aktivitas ibadah siswa kelas XI MAN 1 Model Bojonegoro. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subyek penelitian sebanyak 69 responden dari populasi 210 siswa, menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan informasi dokumenter untuk menjaring prestasi belajar Fiqih (X1), prestasi belajar Akidah Akhlak (X2), dan instrumen kuesioner untuk menjaring data aktivitas ibadah (Y). Data penelitian dianalisis dengan analisis regresi. Berdasarkan analisis hipotesis pertama secara parsial, diketahui bahwa prestasi belajar Akidah Akhlak tidak berkontribusi secara parsial terhadap aktivitas ibadah siswa, sedangkan hipotesis kedua secara parsial, diketahui prestasi belajar Fikih berkontribusi secara parsial terhadap aktivitas ibadah siswa. Kemudian hasil analisis secara simultan diketahui terdapat hubungan yang kuat dan signifikan antara prestasi belajar Fikih dan Akidah Akhlak terhadap aktivitas ibadah siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitrianto, Dihan Syahridihansyahri2342gmail.comF12315203
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuryani, Suryanitaqi_77@yahoo.com2012087701
Subjects: Akhlak
Fikih
Ibadah
Keywords: Prestasi belajar; fikih; akidah akhlak; aktivitas ibadah siswa
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: DIHAN SYAHRI FITRIANTO
Date Deposited: 27 Jun 2022 03:54
Last Modified: 27 Jun 2022 03:54
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/53597

Actions (login required)

View Item View Item