Implementasi program produksi Jahe Jreng dalam upaya pengembangan Entrepreneur Skill siswa di Sekolah Menengah Atas Al Hidayah Dlanggu Kabupaten Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wulandari, Dita (2022) Implementasi program produksi Jahe Jreng dalam upaya pengembangan Entrepreneur Skill siswa di Sekolah Menengah Atas Al Hidayah Dlanggu Kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dita Wulandari_D73218040.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lemahnya manajemen sekolah dalam pengimplementasian program entrepreneur produksi jahe jreng, penanaman nilai-nilai karakter kewirausahaan terhadap peserta didik masih belum optimal serta kurang optimalnya warga sekolah dalam penerapan program sekolah, dalam mengatasi masalah tersebut kepala sekolah beserta para guru menerapkan strategi khusus dengan melakukan pengondisian terhadap masing-masing peserta didik dengan menanamkan jiwa kewirausahaan agar peserta didik lebih memahami cara menjadi pembisnis muda, setelah itu mulai penanaman cara melakukan manajemen yang baik dengan berdasarkan prinsip manajemen yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan bagaimana implementasi program produksi jahe jreng di sekolah SMAS Al-Hidayah Dlanggu Kab. Mojokerto, menganalisis dan mendeskripsikan bagaimana upaya pengembangan entrepreneur skill siswa di sekolah SMAS Al-Hidayah Dlanggu Kab. Mojokerto, menganalisis dan mendeskripsikan bagaimana implementasi program produksi jahe jreng dalam upaya pengembangan entrepreneur skill siswa di sekolah SMAS Al-Hidayah Dlanggu Kab. Mojokerto. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif jenis penelitian deskriptif, menggunakan teknik pengambilan data penelitian dengan mengunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Proses analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun keabsahan data penulis menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi metode.Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa (1) implementasi program produksi jahe jreng disekolah SMAS Al-Hidayah Dlanggu Kab. Mojokerto berjalan dengan baik (2) peserta didik dan para guru antusias serta memiliki kemauan tinggi untuk menerapkan program entrepreneur dan terus melakukan inovasi sesuai perkembangan zaman (3) keterampilan yang didapatkan siswa cukup banyak seperti memperoleh bekal ilmu dan praktik secara langsung menjadi pembisnis mulai dari pengolahan sampai pemasaran, ilmu sekaligus praktik pembukuan keuangan hasil dari pengolahan jahe jreng. Maka, siswa setelah lulus diharapkan mampu menciptakan lapangan pekerjaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wulandari, Ditaditawulandari1005@gmail.comD73218040
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuriyah, Liliktugaslilik@gmail.com198002102011012005
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Belajar
Bisnis
Konsumen
Keywords: program sekolah; produksi Jahe Jreng; entrepreneur skill
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Dita Wulandari
Date Deposited: 14 Jun 2022 06:50
Last Modified: 14 Jun 2022 06:50
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/53526

Actions (login required)

View Item View Item