Manajemen program pembinaan akhlak dalam penguatan karakter religius peserta didik di SD Muhammadiyah 02 Plus Palang Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zuniati, Wiwit (2022) Manajemen program pembinaan akhlak dalam penguatan karakter religius peserta didik di SD Muhammadiyah 02 Plus Palang Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wiwit Zuniati D03218032.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemeroston moral bangsa Indonesia yang terus bertambah, hal ini tentunya menjadi tugas dari lembaga pendidikan untuk menerapkan pendidikan karakter yang sesuai dengan nilai-nilai karakter yang sudah ditetapkan. Namun, tidak banyak lembaga pendidikan yang menerapkan program pendidikan karakter dengan memiliki manajemen yang baik. Oleh karena itu, oleh karena itu peneliti bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan penguatan karakter dalam program pembinaan akhlak, menganalisis dan mendeskripsikan manajemen program pembinaan akhlak dalam penguatan karakter religius peserta didik di SD Muhammadiyah 02 Plus Palang Tuban.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskripstif. Data yang diperoleh menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Pada tahap perencanaan, sekolah menentukan komponen indikator mengenai program pembinaan akhlak, membuat agenda kegiatan tahunan, agenda kegiatan bulanan dan agenda kegiatan harian serta membuat form penilaian karakter peserta didik. Pada tahap pengorganisasian, sekolah belum membentuk tim tersendiri terkait program pembinaan akhlak namun masih bersifat global yang menjadi tanggung jawab seluruh stakeholder yang masih sesuai dengan struktur kelembagaan. Pada tahap pelaksanaan, sekolah membuat kegiatan tahunan yaitu seminar parenting, kegiatan bulanan yaitu KWSG, serta kegiatan harian meliputi Muroja’ah, Sholat Sunnah dan wajib berjama’ah, Wafa, Tahfidz Al-Qur’an dan lain-lain. Pengawasan dilakukan oleh kepala sekolah terhadap guru, dan guru memberikan pengawasan terhadap peserta didik. Setiap satu minggu sekali, diadakan evaluasi program.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terwujudnya penguatan karakter religius peserta didik masih kurang baik, tersebut dikarenakan peneliti masih sering menemukan peserta didik yang sering berkelahi, berbicara kotor, dan suka membantah. Dari hasil dokumentasi rapor penelilain karakter masih belum ditemukan peningkatan nilai dalam karakter peserta didik. Tetapi dari beberapa permasalahan tersebut peneliti menemukan perbedaan dari sekolah lain yaitu dari kegiatan-kegiatan dan pembiasaan religius yang di terapkan di SD Muhammadiyah 02 Plus Palang. (2) Manajemen program pembinaan akhlak dalam penguatan karakter religius peserta didik di SD Muhammadiyah 02 Plus Palang, belum bisa dikatakan baik karena dalam tahap pengorganisasian masih belum adanya panitia atau tim tersendiri terkait program, adanya kendala internal dan eksternal dalam berjalanya program, namun dalam hal ini guru sudah menyiapkan solusi dari setiap kendala dan hal tersebut tidak mengurangi kelancaran dari tujuan sebuah program.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zuniati, WiwitWiwitzuniatiii@gmail.comD03218032
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuriyah, Liliklilikhuriyah@gmail.com2010028001
Thesis advisorFitriatin, Nurnurfitriatin@uinnsby.ac.id2012016701
Subjects: Manajemen dan organisasi sekolah
Keywords: Manajemen; pembinaan akhlak; dan penguatan karakter religius
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Wiwit Zuniati Wiwit zuniati
Date Deposited: 24 Jun 2022 03:36
Last Modified: 24 Jun 2022 03:36
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/53523

Actions (login required)

View Item View Item