Pengaruh usia dan pendidikan terhadap kompetensi pegawai di Kementerian Agama Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Badii'atussholichah, Badii'atussholichah (2022) Pengaruh usia dan pendidikan terhadap kompetensi pegawai di Kementerian Agama Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Badii'atussholichah_B74218034.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh usia dan pendidikan terhadap kompetensi pegawai di Kementerian Agama Kabupaten Gresik secara simultan dan parsial. Selain itu, peneliti juga ingin mengetahui nilai hubungan yang paling dominan dan paling rendah, serta untuk memprediksi kompetensi pegawai di Kementerian Agama Kabupaten Gresik. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Penelitian ini menggunakan hipotesis asosiatif. Peneliti menggunakan teknik analisa data berupa uji asumsi klasik dan uji regresi linier berganda untuk menjawab tujuan dari penelitian. Penelitian ini menghasilkan lima jawaban, diantaranya: Pertama, usia dan pendidikan secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kompetensi pegawai di Kementerian Agama Kabupaten Gresik. Kesimpulan tersebut dilihat dari nilai signifikan yang dihasilkan sebesar 0,001, sehingga nilai signifikan tersebut dinyatakan lebih kecil dari 0,05. Kemudian, usia dan pendidikan secara parsial juga berpengaruh signifikan terhadap kompetensi pegawai di Kementerian Agama Kabupaten Gresik. Kesimpulan tersebut dibuktikan dengan nilai signifikan usia terhadap kompetensi pegawai sebesar 0,008 < 0,05 dan nilai signifikan pendidikan terhadap kompetensi pegawai sebesar 0,000 < 0,05. Kedua, varaibel usia dan pendidikan secara simultan memiliki hubungan dengan kekuatan sedang terhadap kompetensi pegawai di Kementerian Agama Kabupaten Gresik dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,508. Secara parsial variabel usia memiliki hubungan yang lemah dan signifikan terhadap kompetensi pegawai di Kementerian Agama Kabupaten Gresik dengan nilai hubungan sebesar 0,345, sedangkan variabel pendidikan memiliki hubungan yang sedang dan signifikan terhadap kompetensi pegawai di Kementerian Agama Kabupaten Gresik dengan nilai hubungan sebesar 0,496. Ketiga, usia memiliki nilai hubungan terhadap kompetensi pegawai sebesar 0,345, sedangkan pendidikan memiliki nilai hubungan terhadap kompetensi pegawai sebesar 0,496. Oleh karena itu, pendidikan adalah variabel yang memiliki hubungan atau pengaruh paling tinggi terhadap kompetensi pegawai di Kementerian Agama Kabupaten Gresik. Keempat, usia memiliki nilai hubungan terhadap kompetensi pegawai sebesar 0,345, sedangkan pendidikan memiliki nilai hubungan terhadap kompetensi pegawai sebesar 0,496. Oleh karena itu, usia adalah variabel yang memiliki hubungan atau pengaruh paling rendah terhadap kompetensi pegawai di Kementerian Agama Kabupaten Gresik. Kelima, variabel usia dan pendidikan dalam model regresi ini dinyatakan dapat menjadi prediktor kompetensi pegawai. Kesimpulan tersebut dilihat dari perbandingan nilai standart error of the estimates dengan nilai standart deviation atau simpangan baku yang menunjukkan hasil 5,043 < 5,730.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Badii'atussholichah, Badii'atussholichahsbadiiatus@gmail.comB74218034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMaesaroh, Imasimas.kholis@gmail.com2014056601/196605141992032001
Subjects: Etos Kerja
Manajemen Personalia
Pendidikan
Keywords: usia; pendidikan; kompetensi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Badii'atussholichah Badii'atussholichah
Date Deposited: 16 Jun 2022 02:07
Last Modified: 16 Jun 2022 02:07
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/53513

Actions (login required)

View Item View Item