Analisis potensi pembelajar dengan fuzzy mamdani dalam pembelajaran unit kegiatan belajar mandiri (ukbm) yang ditinjau dari kemandirian, motivasi dan hasil belajar matematika peserta didik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhani, Amalia (2021) Analisis potensi pembelajar dengan fuzzy mamdani dalam pembelajaran unit kegiatan belajar mandiri (ukbm) yang ditinjau dari kemandirian, motivasi dan hasil belajar matematika peserta didik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Amalia Ramadhani_D04216002.pdf

Download (2MB)

Abstract

UKBM disusun untuk mencapai kompetensi pengetahuan dan keterampilan pada pembelajaran yang menggunakan sistem SKS. Penggunaan pembelajaran dengan UKBM lebih mengutamakan kemandirian belajar peserta didik maka dari itu perlu adanya motivasi belajar yang tinggi untuk merealisasikannya, Sehingga akan berdampak pada hasil belajar matematika peserta didik yang baik pula. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemandirian, motivasi dan hasil belajar dalam pembelajaran matematika dengan UKBM dan menganalisis potensi pembelajar matematika peserta didik dengan menggunakan fuzzy metode mamdani. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 30 peserta didik kelas VIII-D MTs N 1 Lamongan yang sudah menerapkan pembelajaran dengan UKBM. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah angket kemadirian dan motivasi serta dokumentasi hasil belajar peserta didik UKBM ke-3. Data angket dianalisis menggunakan perhitungan jumlah skor masing-masing pernyataan dan ketiga data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis kuantitatif fuzzy Mamdani untuk melihat potensi pembelajar peserta didik, yang ditinjau dari variabel input kemandirian, motivasi dan hasil belajar peserta didik. Kriteria variabel input untuk kemandirian belajar terdiri dari tiga kriteria, yaitu kurang, cukup, baik. Sedangkan kriteria variabel input untuk motivasi belajar terdiri dari tiga kriteria, yaitu rendah, sedang, tinggi dan untuk kriteria variabel input hasil belajar yaitu tidak tuntas, tuntas cukup dan tuntas baik. Selanjutnya variabel input diolah dengan menggunakan fuzzy metode Mamdani. Variabel output yang diperoleh berupa potensi pembelajar dengan kriteria lambat, normal dan cepat.Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa: (1) kemandirian peserta didik selama pembelajaran UKBM termasuk ke dalam kategori cukup (2) motivasi peserta didik termasuk dalam kategori sedang (3) hasil belajar matematika peserta didik dalam pembelajaran UKBM dinyatakan cukup tuntas (4) potensi pembelajar masuk ke dalam kategori normal, sehingga dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran matematika dengan UKBM di MTs N 1 Lamongan berjalan dengan baik yang ditinjau dari kemandirian, motivasi, hasil belajar dan potensi pembelajar peserta didik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhani, Amaliaamel94911@gmail.comD04216002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWida Yanti, Aninganing.widayanti@uinsby.ac.id0007128007
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Subjects: Motivasi Belajar
Matematika
Keywords: kemandirian; motivasi; hasil belajar; pembelajaran UMKM; Fuzzy Mamdani
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Amalia Ramadhani
Date Deposited: 08 Jun 2022 05:27
Last Modified: 08 Jun 2022 05:27
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/53475

Actions (login required)

View Item View Item