Metode penulisan tafsir Qur'an per kata karya Ahmad Hatta dan implikasinya terhadap pemaknaan Al-Qur'an

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maslahah, Nurul Aini (2020) Metode penulisan tafsir Qur'an per kata karya Ahmad Hatta dan implikasinya terhadap pemaknaan Al-Qur'an. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Aini Maslahah_E93216143.pdf

Download (2MB)

Abstract

Al-Qur’an dipercaya sebagai kalam Allah yang tidak lekang oleh zaman, berisi petunjuk hidup untuk manusia dalam menjalankan kehidupannya. Maka dari itu, sebagai seorang muslim sudah selayaknya untuk memahami makna al-Qur’an secara mendalam, baik makna al-Qur’an secara ayat per ayat maupun kata per kata. Tafsir Qur’an Per Kata karya Ahmad Hatta hadir dengan penyajiannya yang berbeda untuk membantu masyarakat bahkan yang belum memiliki kemampuan dalam bahasa Arab agar dapat dengan mudah memahami makna al-Qur’an dengan lebih baik. Penelitian ini berusaha menjawab rumusan masalah yang diangkat, yakni: 1) Bagaimana metode penulisan Tafsir Qur’an Per Kata karya Ahmad Hatta? 2) Bagaimana implikasi metode penulisan Tafsir Qur’an Per Kata karya Ahmad Hatta terhadap pemaknaan al-Qur’an?. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan jenis penelitian kepustakaan (library research). Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan wawancara. Tafsir Qur’an Per Kata karya Ahmad Hatta menjadi sumber primer untuk menjawab semua permasalahan yang ada. Untuk menganalisis data, penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil yang merupakan jawaban dari permasalahan yang diangkat bahwa, 1) Dalam penulisannya, Tafsir Qur’an Per kata menggunakan beberapa metode penerjemahan. Jika merujuk pada al-Zarqani dan Manna Khalil al-Qattan, Tafsir Qur’an Per kata menggunakan metode harfiyah dan tafsiriyah. Jika merujuk kepada Newmark, Tafsir Qur’an Per Kata menggunakan metode penerjemahan kata per kata, penerjemahan harfiah, penerjemahan semantis, dan penerjemahan komunikatif. Metode-metode tersebut dikompromikan sehingga dapat membantu pembaca agar mendapatkan pemahaman yang lebih baik. 2) Dalam Tafsir Qur’an Per Kata menggunakan metode-metode penerjemahan yang berimplikasi pada pemaknaan al-Qur’an. Metode-metode yang digunakan disesuaikan sesuai konteks ayat dan berupaya menjadikan pembaca agar lebih mudah memahami makna ayat dalm al-Qur’an baik itu ayat yang mudah untuk dipahami maupun ayat yang sulit untuk dipahami yang memerlukan penjelasan lebih lanjut. Selain itu, dalam Tafsir Qur’an Per Kata disajikan 2 macam penerjemahan yang dapat semakin membantu pembaca dalam memaknai al-Qur’a>n, penerjemahan tersebut yakni penerjemahan kata per kata dan penerjemahan ayat per ayat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maslahah, Nurul Ainimaslahah.nurulaini@gmail.comE93216143
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorChozin, Fadjrul Hakamhakam@uinsby.ac.id;aang.efha@gmail.com2006075901
Thesis advisorMusyarrofah, Musyarrofahe.musyarrofah@yahoo.co.id2014067102
Subjects: Islam dan Ilmu Pengetahuan
Islam
Keywords: Metode Penulisan; Tafsir Qur’an Per Kata
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Nurul Aini Maslahah
Date Deposited: 07 Jun 2022 01:54
Last Modified: 07 Jun 2022 01:54
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/53446

Actions (login required)

View Item View Item