Pengembangan modul psikoedukasi pencegahan perkawinan anak bagi remaja putri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Subhan, Nurul Izzah (2022) Pengembangan modul psikoedukasi pencegahan perkawinan anak bagi remaja putri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Izzah Subhan_B53218059.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses terciptanya modul psikoedukasi pencegahan perkawinan anak bagi remaja putri serta mengetahui aspek spesifikasi produk modul psikoedukasi pencegahan perkawinan anak bagi remaja putri ditinjau dari ketepatan, kelayakan, dan kegunaan dari modul. Sehingga untuk menjawab pertanyaan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan RnD dengan menyusun modul psikoedukasi pencegahan perkawinan anak bagi remaja putri yang berisi informasi tentang dampak perkawinan anak termasuk di dalamnya terdapat upaya pencegahan perkawinan anak. Psikoedukasi menurut Supratiknya dapat dimaknai sebagai suatu program pemberian edukasi atau pendidikan kepada klien sebagai usaha membantu klien mengembangkan keterampilan hidup. Dalam penelitian ini, modul yang dikembangkan berfokus pada keterampilan atau kemampuan dalam menjalani transisi kehidupan penting secara efektif, yaitu menikah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul psikoedukasi pencegahan perkawinan anak ini merupakan bentuk pengembangan dari modul yang telah ada sebelumnya yang melewati 7 tahapan di antaranya dalam pencarian potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji ahli, hingga pada uji coba pemakaian. Modul ini mendapat respon positif dari aspek ketepatan, kelayakan, dan kegunaannya. Modul ini sendiri diperuntukkan untuk remaja putri berusia 15-18 tahun.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Subhan, Nurul Izzahizzahsubhann.17@gmail.comB53218059
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSantoso, Agusagus.santoso@uinsby.ac.id2025087001
Subjects: Anak
Bimbingan Konseling
Perkawinan
Keywords: Modul psikoedukasi; perkawinan anak
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Nurul Izzah Subhan
Date Deposited: 31 May 2022 02:51
Last Modified: 31 May 2022 03:25
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/53419

Actions (login required)

View Item View Item