Parenting dan pembentukan karakter anak: studi multi situs peserta didik RA Perwanida Surabaya dan TK Matahari Terbit Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mufidah, Zulfatul (2020) Parenting dan pembentukan karakter anak: studi multi situs peserta didik RA Perwanida Surabaya dan TK Matahari Terbit Gresik. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zulfatul Mufidah_F15331360.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kasus penyimpangan karakter luhur ternyata sudah dialami oleh anak usia dini. Orang tua, akademisi dan aktivitas LSM yang peduli generasi masa depan menaruh perhatian terhadap penyimpangan tersebut. Penyimpangan perilaku terjadi karena berbagai hal, mulai dari pola asuh orang tua, lingkungan yang tidak ramah anak, serta pengaruh negatif media digital, seperti televisi dan gawai. Oleh karena itu, harus ada kesadaran kolektif peran serta pendidikan sejak usia dini dan orang tua untuk mengembangkan dan menginternalisasikan karakter luhur. Kajian ini fokus pada 1) Bagaimana Parenting yang dilakukan guru dalam membentuk karakter peserta didik di RA Perwanida Kanwil Kemenag Jawa Timur dan TK Matahari Terbit Gresik? 2) Bagaimana parenting orang tua di rumah dalam membentuk karakter peserta didik RA Perwanida Kanwil Kemenag Jawa Timur dan TK Matahari Terbit Gresik? 3) Bagaimana sinergi antara guru di sekolah dan orang tua di rumah dalam membentuk karakter peserta didik RA Perwanida Surabaya dan TK Matahari Terbit Gresik? Penelitian ini adalah penelitian kualitatif studi multi situs yang berupaya mendeskripsikan data-data lapangan. Pengumpulan data dilakukan secara triangulasi yang meliputi wawancara, dokumentasi dan observasi. Untuk menganalisa data penelitian, penelitian menggunakan pendekatan teori pendidikan karakter. Penelitian ini menemukan bahwa 1) pengasuhan guru dalam membentuk karakter anak dimulai dari orientasi kurikulum, guru-guru yang insipiratif, pengembangan nilai-nilai karakter, penerapan strategi pembelajaran yang integratif-karakter melalui model sentra dan kegiatan ekstrakurikuler, serta pengasuhan anak-anak yang bermasalah. 2) pengasuhan orang tua di rumah dipengaruhi relasi dan interaksi antar orang tua, dan antara orang tua dan anak. Pengasuhan di rumah lebih banyak peran ibu dan karena dipengaruhi budaya patriarki. Nilai-nilai karakter yang dikembangkan di rumah adalah nilai-nilai toleransi, karakter kreatifitas, kerja keras, demokratis, disiplin, dan mandiri. 3) Sinergi dan kerja sama antara orang tua dan guru dalam parenting anak dilakukan dengan buku penghubung yang menghubungkan antara guru dan orang tua, serta kegiatan-kegiatan yang melibatkan orang tua yang diinisiasi oleh PAUD, seperti seminar parenting, bakti sosial, halal bihalal, pemberian laporan hasil pendidikan secara individu, dan komunikasi intensif melalui media WA Group (Whatsapp). Sinergi ini adalah bentuk interaksi antar subsistem microsystem dalam teori Ekologi Perkembangan Manusia Bronfenbrenner, yang disebutnya sebagai mesosytem.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mufidah, Zulfatulzulfatulmufidah76@gmail.comF15331360
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHilmy, Masdarmasdar.hilmy@gmail.com2002037104
Thesis advisorAsrohah, Hanunasrohah@yahoo.com2010046801
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Bimbingan Penyuluhan
Keywords: parenting; pendidikan karakter
Divisions: Program Doktor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zulfatul Mufidah
Date Deposited: 30 May 2022 07:45
Last Modified: 30 May 2022 07:45
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/53405

Actions (login required)

View Item View Item