Sejarah pemikiran Hamka: relasi kebudayaan dengan sejarah Islam di Indonesia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurdianah, Rina (2022) Sejarah pemikiran Hamka: relasi kebudayaan dengan sejarah Islam di Indonesia. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rina Nurdianah_A92216147.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan historis dan pendekatan sosio-intelektual. Sedangkan teori yang digunakan untuk menganalisis pembahasan adalah teori sosiologi pengetahuan menurut Ibn Khaldun dan Karl Mannheim. Hasil dari penulisan skripsi ini menyimpulkan bahwa: (1) Hamka adalah tokoh muslim Indonesia yang memiliki beberapa status sekaligus seperti Cendekiawan, sastrawan, politisi, pendidik, jurnalis, sejarawan, dan juga ulama. (2) Hamka menafsirkan kebudayaan sebagai usaha dan hasil usaha manusia dalam menyelesaikan kehendaknya untuk hidup dengan alam yang ada di sekelilingnya. Oleh karena itu, kebudayaan juga harus bersifat dinamis. Sedangkan terhadap Islam, Hamka menafsirkan sebagai ajaran yang memimpin manusia supaya percaya kepada Tuhan melaui pengucapan la ilaha ilallah diikuti oleh Muhammad al-rasulullah dan mengajarkan manusia agar akal budinya bebas merdeka kecuali kepada Allah. (3) Hamka berpandangan bahwa kebudayaan dengan Islam di Indonesia saling berelasi dan memperkuat satu sama lain. Kebudayaan di Indonesia berkembang akibat pengaruh Islam, dan penyebaran Islam juga terbantu atas peran budaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurdianah, Rinarinanurdianah1998@gmail.comA92216147
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNuriyadinn, Nuriyadinnuriyadin@hotmail.com2020017503
Subjects: Akulturasi
Budaya - Agama
Keywords: Hamka; kebudayaan; Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Rina Nurdianah
Date Deposited: 27 May 2022 16:33
Last Modified: 27 May 2022 16:33
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/53381

Actions (login required)

View Item View Item