Hadis anjuran berwudu sebelum tidur dalam Sunan Abu Dawud Nomor Indeks 5046: studi Ma’anil hadis dengan pendekatan medis

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dewi, Bulan (2020) Hadis anjuran berwudu sebelum tidur dalam Sunan Abu Dawud Nomor Indeks 5046: studi Ma’anil hadis dengan pendekatan medis. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dewi bulan_E95217025.pdf

Download (3MB)

Abstract

Hadis Anjuran Berwudu Sebelum Tidur dalam Sunan Abu Dawud Nomor Indeks 5046 (Studi Ma’anil Hadis dengan Pendekatan Medis) Oleh: Dewi Bulan Wudu merupakan tindakan yang sering dilakukan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari. Tindakan berwudu ini juga sering dipraktekkan oleh Nabi Muhammad saw saat sebelum atau sesudah melakukan suatu hal. Seperti saat akan menunaikan ibadah shalat, sebelum menginjak sajadah, menjadi sunnah sebelum tidur, dan lain-lain. Berwudu sebelum tidur telah menjadi kebiasaan baik yang dilakukan Rasulullah dan memberikan dampak yang baik pula. Gerakan-gerakan ketika berwudu mampu memberikan relaksasi terhadap otot-otot yang lelah, sehingga sangat baik bagi kesehatan. Namun, di masa sekarang ini tidak banyak umat Islam yang mengetahui keutamaan berwudu sebelum tidur, sebagian besar dari mereka hanya melakukan rutinitas mencuci wajah, kaki, dan menyikat gigi sebelum tidur. Dengan demikian penulis berusaha untuk menggali hadis anjuran berwudu sebelum tidur dari segi kesehatan.Penelitian ini menggunakan metode penelitian yang bersifat kualitatif dan jenis penelitian kepustakaan atau library research mengenai hadis anjuran berwudu sebelum tidur yang fokus pada penelusuran, pemaknaan hadis Nabi, dan analisis medis. Fokus penelitian ini tentang bagaimana kualitas, kehujjahan, dan pemaknaan hadis anjuran berwudu sebelum tidur, serta analisis medis terhadap hadis riwayat Abu Dawud nomor indeks 5046. Sehingga data yang dikumpulkan menggunakan metode takhrij, i’tibar, kritik sanad dan matan, pemaknaan hadis, serta teori dalam ilmu kesehatan (medis). Penelitian ini mendapat simpulan akhir bahwa hadis riwayat Abu Dawud nomor Indeks 5046 tentang anjuran berwudu sebelum tidur berkualitas shahih karena telah memenuhi syarat keshahihan sanad dan matan hadis, sehingga hadis yang sedang diteliti dapat dijadikan hujjah. Pemahaman hadis anjuran berwudu sebelum tidur sebagaimana yang dilakukan Rasulullah yakni mempunyai banyak keutamaan dan manfaat, baik untuk jasmani maupun rohani. Selain itu, dengan melihat analisis medis berwudu sebelum tidur memberikan pengaruh signifikan bagi kesehatan manusia dan salah satu upaya untuk menjaga kesehatan tubuh, serta mencegah beberapa timbulnya penyakit berbahaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dewi, Bulandbulan998@gmail.comE95217025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAtho'illah, Umardakatir@live.com122101809895
Subjects: Kesehatan
Kesehatan
Keywords: Kualitas Hadis; Kesehatan; Wudu
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Dewi Bulan
Date Deposited: 24 May 2022 07:45
Last Modified: 24 May 2022 07:45
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/53379

Actions (login required)

View Item View Item