Etika Menguap perspektif hadis: Kajian Maani al Hadith dalam kitab Sunan Abi Dawud nomor 5026 dengan pendekatan budaya dalam norma masyarakat modern

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fuadina, Izza Nur (2022) Etika Menguap perspektif hadis: Kajian Maani al Hadith dalam kitab Sunan Abi Dawud nomor 5026 dengan pendekatan budaya dalam norma masyarakat modern. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Izza Nur Fuadina_E05217006.pdf

Download (1MB)

Abstract

Adab (etika) merupakan salah satu bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. Sebab, pada dasarnya orang yang memiliki ilmu yang luas tanpa didasari dengan etika yang baik, ilmu itu akan bernilai sia-sia. Apalagi pada zaman yang sudah modern dan dalam kehidupan sosial bermasyarakat, jika seseorang tidak memiliki etika pasti akan dijadikan perbincangan oleh masyarakat tersebut. Termasuk dalam etika saat menguap, meskipun dianggap remeh akan tetapi etika ini perlu ditanamkan pada diri seseorang. Namun pada kenyataannya, fenomena yang sering terjadi adalah masyarakat modern pada saat ini banyak yang belum tau bahkan mengabaikan etika yang dimulai dari hal kecil seperti etika menguap. Rasulullah dalam hadisnya riwayat Abi Dawud nomor indeks 5026 telah memberikan tuntunan dan adab mengenai etika menguap. Berdasarkan fenomena tersebut, maka penelitian ini berjudul “Etika Menguap Perspektif Hadis (Kajian Ma’ani al-Hadith dalam kitab Sunan Abi Dawud nomor 5026 dengan Pendekatan Budaya dalam Norma Masyarakat Modern)” Dengan rumusan masalah yaitu Pertama, Bagaimana kualitas dan ke-hujjah-anhadis tentang menguap dalam kitab sunan Abi Dawud nomor 5026. Kedua, Bagaimana pemaknaan hadis tentang menguap dalam kitab sunan Abu Dawud nomor 5026. Ketiga, bagaimana implementasi hadis tentang menguap dalam norma masyarakat modern menggunakan pendekatan budaya. Penelitian ini menggunakan model penelitian kualitatif dengan menggunakan penelitian kepustakaan (library research). Dalam penelitian ini memberikan hasil dan kesimpulan bahwa Pertama, kualitas hadis dalam kitab sunan Abi Dawud nomor indeks 5026 merupakan hadis yang berstatus sahih li dhatihi dan dapat dijadikan hujjah. Kedua, bahwa hadis dalam kitab sunan Abi Dawud dengan nomor indeks 5026 ini merupakan anjuran mengenai adab (etika) Rasulullah saat seseorang menguap yaitu dengan menahan mulutnya karena dikhawatirkan setan akan masuk ke dalamnya. Dalam hal ini, seseorang dapat menahan mulut dengan tangan, menekan giginya ke bibir, kain, atau yang lainnya pada mulut. Ketiga, implementasi hadis etika menguap dalam norma masyarakat modern itu masih kurang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fuadina, Izza Nurizzanurfuadina@gmail.comE05217006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHasan, Muzayyanah MutashimUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Budaya - Agama
Keywords: Menguap; Sunan Abi Dawud; norma masyarakat modern
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 May 2022 04:26
Last Modified: 24 May 2022 04:26
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/53377

Actions (login required)

View Item View Item