Penerapan sistem informasi manajemen akuntansi barang milik negara (simak BMN) dalam manajemen sarana dan prasarana di MIN 1 Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosidah, Sofiyatun (2022) Penerapan sistem informasi manajemen akuntansi barang milik negara (simak BMN) dalam manajemen sarana dan prasarana di MIN 1 Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sofiyatun Rosidah_D03217033.pdf

Download (705kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan sistem informasi manajemen akuntansi barang milik negara (SIMAK BMN) dan manajemen sarana dan prasarana di MIN 1 Kota Surabaya. Jenis dari penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Informan penelitian ini adalah Kepala Madrasah MIN 1 Kota Surabaya sebagai informan kunci dan Koor Sarana dan Prasarana, Bagian Pencatatan Inventaris, serta Operator SIMAK BMN. Obyek penelitian ini adalah penerapan sistem informasi manajemen akuntansi barang milik negara (SIMAK BMN) dalam manajemen sarana dan prasarana. Data penelitian diperoleh dengan melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa: (1) penerapan sistem informasi manajemen akuntansi barang milik negara (SIMAK BMN) di MIN 1 Kota Surabaya merupakan suatu tindakan atau cara yang dipakai untuk mengelola barang milik negara, terutama kaitannya dengan kegiatan sarana dan prasarana yang ada di lembaga sehingga lebih terorganisir dengan baik. (2) Manajemen sarana dan prasarana di MIN 1 Kota Surabaya merupakan cara untuk mengelola dan mengatur penggunaan sarana dan prasarana dengan bijak. Mulai dari pengadaan sampai dengan penghapusan agar dapat digunakan secara optimal oleh lembaga pendidikan, yang dilaksanakan melalui perencanaan manajemen sarana dan prasarana, pengorganisasian dalam manajemen sarana dan prasarana, pelaksanaan manajemen sarana dan prasarana, serta pengawasan manajemen sarana dan prasarana. (3) Penerapan sistem informasi manajemen akuntansi barang milik negara (SIMAK BMN) dalam manajemen sarana dan prasarana di MIN 1 Kota Surabaya merupakan suatu tindakan atau cara yang dimulai dari perencanaan, penatausahaan, inventarisasi dan pelaporan melalui aplikasi sistem informasi manajemen akuntansi barang milik negara (SIMAK BMN).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosidah, Sofiyatunsfytnrsdh05@gmail.comD03217033
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuriyah, Liliklilikhuriyah@gmail.com2010028001
Thesis advisorFitriatin, Nurnurfitriatin@uinnsby.ac.id2012016701
Subjects: Manajemen
Manajemen Informasi
Negara
Keywords: Sistem informasi; manajemen akuntansi; barang Milik Negara; Manajemen Sarana Dan Prasarana
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sofiyatun Rosidah
Date Deposited: 18 May 2022 04:18
Last Modified: 18 May 2022 04:18
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/53310

Actions (login required)

View Item View Item