Implementasi program keterampilan dalam meningkatkan hard skill siswa kelas reguler di Madrasah Aliyah Matholi'ul Anwar Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitria, Hidayatul (2022) Implementasi program keterampilan dalam meningkatkan hard skill siswa kelas reguler di Madrasah Aliyah Matholi'ul Anwar Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hidayatul Fitria_D03217018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kepedulian dari guru-guru dan pengurus Madrasah terhadap siswa yang tidak unggul dalam bidang non akademis. Oleh karena itu para guru dan pengurus mencetuskan adanya program keterampilan, khususnya bagi siswa kelas reguler. Pada tahun 2016/2017 Madrasah Aliyah Matholi’ul Anwar ditunjuk sebagai Madrasah Aliyah penyelenggara program keterampilan sesuai dengan SK. Dirjen Pendis No. 4924 Tahun 2016. Program Keterampilan yang dimaksud antara lain Teknik Elektro/Listrik, Teknik Perbaikan dan Perawatan Sepeda Motor, Tata Boga, Tata Busana, Multimedia, dan Perkantoran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi program keterampilan, Hard Skill siswa kelas reguler serta faktor-faktor penghambat dan pendukung Implementasi Program Keterampilan dalam Meningkatkan Hard Skill Siswa Kelas Reguler di Madrasah Aliyah Matholi’ul Anwar Lamongan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Data dari penelitian ini diperoleh melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Guru masing-masing bidang keterampilan, dan perwakilan siswa dari masing-masing bidang keterampilan yang ada di Madrasah Aliyah Matholi’ul Anwar Lamongan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Implementasi program keterampilan di Madrasah Aliyah Matholi’ul Anwar terdiri atas beberapa program, yaitu Teknik Komputer Jaringan/TI, Teknik Perbaikan dan Perawatan Sepeda Motor/ TSM. Tata Busana, Tata Boga, Multimedia. (2) Untuk mengukur hard skill siswa, Madrasah Aliyah Matholi’ul Anwar melakukan beberapa standar penilaian yang meliputi keterampilan teknis, ilmu pengetahuan dan ilmu teknologi. (3) Adanya program keterampilan sedikit banyak mempengaruhi hard skill siswa. Dengan adanya peningkatan hard skill siswa, maka akan sejalan dengan prestasi dan lulusan yang dihasilkan. (4) Faktor pendukung terselenggaranya program keterampilan ini adalah fasilitas dari Madrasah Aliyah Matholi’ul Anwar yang cukup memadai, guru yang berkompeten dan motivasi dari kepala sekolah, guru maupun wali murid. Sedangkan faktor penghambatnya adalah tidak adanya bantuan fasilitas sarana dan prasarana untuk program keterampilan serta belum ada bimbingan atau pelatihan agar guru lebih kompeten di bidangnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitria, Hidayatulhidayatulfitria22gmail.comD03217018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBawani, Imam--2012085201
Thesis advisorMansyuri, Arifmansyuri@uinsby.ac.id0730037901
Subjects: Keterampilan
Keywords: program keterampilan; hard skill
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Hidayatul Fitria
Date Deposited: 18 May 2022 04:09
Last Modified: 18 May 2022 04:09
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/53304

Actions (login required)

View Item View Item