Konseling Islam dengan terapi Wudhu untuk menangani kecemasan pada Orang Tua yang memiliki anak Speech Delay di Desa Sedati Gede Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Asar, Rahmah Isnata (2021) Konseling Islam dengan terapi Wudhu untuk menangani kecemasan pada Orang Tua yang memiliki anak Speech Delay di Desa Sedati Gede Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rahmah Isnata Asar_B93217100.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fokus pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil dari konseling Islam denganTerapi Wudhu untuk Menangani Kecemasan pada Orang Tua yang Memiliki Anak Speech Delay di Desa Sedati Gede Kabupaten Sidoarjo. Peneliti menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, dan menganalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif. Kesimpulan dalam proses penelitian ini dengan mengunakan konseling Islam dengan Terapi Wudhu untuk Menangani Kecemasan pada Orang Tua yang Memiliki Anak Speech Delay menggunakan tahap-tahap mulai dari identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, treatment atau terapi, evaluasi, dan follow up. Konselor menjelaskan terapi wudhu kepada konseli mulai dari manfaat berwudhu dan menjelaskan tata cara pelaksaan terapi wudhu. Pada saat melakukan terapi wudhu konselor membimbing konseli untuk membasuhkan air wudhu secara pelan-pelan dengan meresapi basuhan air wudhu yang dibasuhkan pada anggota badan sehingga konseli dapat merasakan manfaat, kesegaran, dan dapat fokus untuk berfikir. Dengan terapi wudhu konseli selalu istiqomah dalam melakukan wudhu secara pelan-pelan agar mendapatkan faedah yang dirasakan oleh konseli. Hasil yang diperoleh konseli sudah tidak merasakan cemas dan khawatir terhadap anaknya yang mulai ada perkembangan dan berkat usaha-usaha konseli dalam melaksanakan target perilaku yang telah disepakati serta dukungan dari orang sekitarnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Asar, Rahmah Isnatarisnataa12@gmail.comB93217100
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAlbaar, Ragwanragwanalbaar@uinsby.ac.id196303031992032002
Subjects: Terapi
Wudu
Keywords: Konseling Islam; Kecemasan; Terapi Wudhu
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Rahmah Isnata Asar
Date Deposited: 18 May 2022 03:37
Last Modified: 18 May 2022 03:37
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/53300

Actions (login required)

View Item View Item