Pengembangan perangkat pembelajaran terbalik berbasis teori zone of proximal development untuk melatih kemampuan pemecahan masalah Matematika

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Farichah, Ainun (2022) Pengembangan perangkat pembelajaran terbalik berbasis teori zone of proximal development untuk melatih kemampuan pemecahan masalah Matematika. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ainun Farichah_D74217028.pdf

Download (20MB)

Abstract

Model pembelajaran terbalik berbasis teori zone of proximal development (ZPD) merupakan model pembelajaran yang mendorong kemandirian siswa untuk memecahkan suatu permasalahan matematika dan tetap berada pada ZPD atau zona tengah di antara kemampuan aktual dengan kemampuan potensial siswa. Adapun penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mendeskripsikan proses, kevalidan, dan kepraktisan suatu perangkat pembelajaran yang dikembangkan yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang disesuaikan dengan model pembelajaran terbalik berbasis teori ZPD untuk melatih kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tahap penelitian pendahuluan (preliminary research), tahap pembuatan prototipe (prototyping phase), tahap penilaian (assessment phase). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik catatan lapangan yang berfungsi untuk mendapatkan data mengenai proses pengembangan perangkat pembelajaran dan teknik validasi ahli yang berfungsi untuk memperoleh data mengenai kevalidan dan kepraktisan perangkat pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan penilaian dari empat validator. Hasil dari penelitian pengembangan ini diperoleh data bahwa pembelajaran yang dilakukan masih berpusat pada guru sebagai sumber informasi utama yakni dengan menggunakan metode ceramah serta kurikulum yang digunakan adalah kurikulum 2013 edisi revisi 2017. Hasil validasi dari empat validator diperoleh bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat dinyatakan “valid” dengan rata-rata total kevalidan RPP sebesar 4,272 dan LKPD sebesar 4,049. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan juga dinyatakan “praktis” dengan perolehan nilai “B” dari semua validator yang artinya perangkat pembelajaran dapat digunakan dengan sedikit revisi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Farichah, Ainunfarichah.ainun@gmail.comD74217028
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLailiyah, Sitilailiyah@uinsby.ac.id2028098401
Subjects: Matematika
Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Pembelajaran terbalik; zone of proximal development; pemecahan masalah Matematika; RPP; LKPD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ainun Farichah
Date Deposited: 17 May 2022 06:23
Last Modified: 17 May 2022 06:23
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/53291

Actions (login required)

View Item View Item