Pembelajaran Huruf Hijaiyah dengan Metode Yanbu'a dalam Kelompok A pada Masa Pandemi di PG-TK Islam Sabilillah Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Herera, Nisrina Fairuz Salsabila (2022) Pembelajaran Huruf Hijaiyah dengan Metode Yanbu'a dalam Kelompok A pada Masa Pandemi di PG-TK Islam Sabilillah Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nisrina Fairuz Salsabila Herera_D09217017.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini ditulis dengan dilatar belakangi adanya pembelajaran jarak jauh pada masa Pandemi Covid-19 di seluruh lembaga pendidikan dan dilaksanakan secara daring. Kemudian sekolah melanjutkan pembelajaran luring yang dibagi dalam 3 sesi. Adanya Pandemi Covid-19 mengharuskan seluruh lembaga sekolah tetap melaksanakan pembelajaran supaya hak anak untuk mendapatkan pendidikan, meskipun harus dilakukan dengan pembelajaran jarak jauh. Terutama dalam pendidikan dasar beragama dan keterampilan dasar yaitu membaca Al-Qur’an dengan cara mengenal huruf hijaiyah menggunakan metode yanbu’a untuk anak PG-TK Islam Sabilillah Sidoarjo ini.Tujuan dari penelitian adalah mendeksripsikan proses pembelajaran huruf hijaiyah yang menggunakan metode yanbu’a dan mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat serta hasil belajar dari proses pembelajaran huruf hijaiyah dengan metode yanbu’a pada masa pandemi. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sedangkan untuk pengumpulan datanya pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PG-TK Islam Sabilillah Sidoarjo menggunakan metode yanbu’a dilakukan secara daring dengan menggunakan video call whatsapp yang dibagi 2 sesi. Kemudian pemerintah mengizinkan pembelajaran tatap muka untuk semua jenjang dan pembelajaran dilakukan secara luring yang terbagi 3 sesi. Metode yanbu’a ini dilakukan secara sorogan (individual). Faktor pendukung pembelajaran metode yanbu’a yaitu guru sudah memahami metode yanbu’a dengan mengikuti pembinaan yang diketuai oleh Koordinator Al-Qur’an PG-TK Islam Sabilillah Sidoarjo, dan anak selalu diberi motivasi oleh guru ketika pembelajaran. Sedangkan faktor penghambat pembelajaran metode yanbu’a adalah terkendalanya murid seperti semangat dan konsentrasinya menurun ketika pembelajaran. Hasil dari pembelajaran metode yanbu’a adalah anak sudah mampu membaca Al-Qur’an yang sudah sesuai dengan makharijul hurufnya, tajwid, dan tartil sesuai kemampuan dan perkembangan setiap anak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Herera, Nisrina Fairuz Salsabilanisrinafairuzsh21@gmail.comD09217017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAziz, Yahyayahya_aziz15@yahoo.com2029087203
Thesis advisorFarisia, Hernikhernikfarisia@uinsby.ac.id201409007
Subjects: Motivasi Belajar
Minat Siswa
Keywords: Huruf Hijaiyah; Metode Yanbu'a
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudhotul Athfal
Depositing User: Nisrina Herera
Date Deposited: 17 May 2022 05:21
Last Modified: 17 May 2022 05:21
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/53276

Actions (login required)

View Item View Item