تحليل الأخطاء النحوية في قراءة الكتاب "فتح القريب المجيب" لطلاب الدورة الأزهار في باري كديري

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hestiwa, Mutiara (2022) تحليل الأخطاء النحوية في قراءة الكتاب "فتح القريب المجيب" لطلاب الدورة الأزهار في باري كديري. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mutiara Hestiwa_A91218109.pdf

Download (1MB)

Abstract

Setiap manusia memiliki kemampuan berbahasa, salah satunya ialah berbahasa arab. Bahasa arab merupakan salah satu bahasa yang terkenal di dunia, pengajaran bahasa arab ini dimulai sejak kanak-kanak dan itu berarti pembinaan bahasa arab telah dimulai sejak dini. Namun, ternyata masih banyak kesalahan dan permasalahan dalam berbahasa arab. Kesalahan seperti ini misalnya kesalahan berbahasa dan kesalahan gramatikal bahasa arab atau nahwu. Dari penjelasan tersebut peneliti tertarik untuk melakukan analisis kesalahan nahwu pada bacaan kitab fathul qorib al-mujib pada siswa kursus Al-Azhar Pare Kediri. Dengan rumusan masalah apa saja jenis-jenis kesalahan nahwu pada bacaan kitab fathul qorib al-mujib pada siswa kursus Al Azhar Pare Kediri, dan apa saja sebab-sebab kesalahannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui wawancara, observasi, pengujian dan dokumentasi. Dan tahapan dalam menganalisis kesalahan yaitu menentukan kesalahan, mendeskripsikan kesalahan, menafsiri sebab terjadinya kesalahan, dan membenarkan kesalahan dengan mendeskripsikan bacaan yang benar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat macam-macam kesalahan membaca siswa dalam i’rob rofa’ ada 16 kesalahan, kesalahan pada i’rob nashob ada 12 kesalahan, kesalahan pada i’rob jar ada 20 kesalahan. Sebab-sebab kesalahan bacaan siswa Al-Azhar terbagi sebanyak 42 kesalahan disebabkan karena penerapan pedoman ilmu nahwu dan aturan yang tidak sempurna, dan 6 kesalahan disebabkan karena berlebihan dalam penerapan kaidah nahwu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hestiwa, Mutiaramutiarahestiwa278@gmail.comA91218109
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuntaha, Muntahamuntahalazim@gmail.com2012075901
Subjects: Bahasa Arab
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Analisis kesalahan; nahwu; i’rob
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Mutiara Hestiwa
Date Deposited: 17 May 2022 03:26
Last Modified: 17 May 2022 03:26
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/53266

Actions (login required)

View Item View Item