Strategi survive pedagang toko kelontong pada masa pandemi Covid 19 di Desa Kalimati Kecamatan Tarik Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Adi, Bachtiar Hijriya’sa (2022) Strategi survive pedagang toko kelontong pada masa pandemi Covid 19 di Desa Kalimati Kecamatan Tarik Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Bachtiar Hijriya'sa Adi_I93218064.pdf

Download (30MB)

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang bagaimana dampak yang ditimbulkan oleh pandemi covid19 bagi pedagang toko kelontong, serta bagaimana usaha toko kelontong tersebut dapat bertahan saat pandemi covid19. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana strategi para pedagang toko kelontong agar dapat mempertahankan usahanya ditengah pandemi covid19 agar tidak tutup usaha. Karena semenjak pandemi, masyarakat dianjurkan untuk tetap dirumah dan selalu menjaga jarak. Sehingga membuat keadaan usaha dagang menjadi sepi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif pendekatan fenomenologi, data diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan subyek penelitian yang sudah ditentukan, yakni pemilik usaha toko kelontong. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teori tindakan sosial Max Weber. Teori ini berorientasi pada motif dan tujuan pelaku yakni pemilik usaha toko kelontong. Yang dimana penelitian ini menjadikan teori tindakan Max Weber sebagai analisis penelitian dari hasil penelitian yang terlah dilakukan. Hasil penelitian menunjukan bahwa usaha dagang toko kelontong mengalami pasang surut dalam penjualan. Semenjak pandemi, sebagian besar usaha toko kelontong mengalami kerugian yang signifikan seperti menurunnya penghasilan sampai 50%. Pemilik usaha toko kelontong melakukan berbagai tindakan untuk mengatur keuangan dan memenuhi kebutuhan hidup. Tindakan tersebut disebut sebagai strategi survive yaitu dengan berhemat serta bijak dalam menggunakan keuangan, mengandalkan pekerjaan sampingan, memenuhi kebutuhan dengan uang tabungan, atau mendapat bantuan keuangan dari pihak keluarga. Selain itu, untuk mempertahankan usaha toko kelontongnya agar tetap eksis dimasyarakat, pedagang toko kelontong juga melakukan tindakan sebagai strategi berdagang. Strategi tersebut seperti memasarkan produk melalui online, mengingkatkan pelayanan, dan memperhitungkan pengeluaran untuk kebutuhan toko kelontong dengan detil. Hal ini dilakukan agar usaha tersebut tidak tutup usaha karena sepi pembeli sejak pandemi covid 19.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Adi, Bachtiar Hijriya’sabachtiaradi3920@gmail.comI93218064
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAzizah, Sitiazizahfisip0103@gmail.com2001037701
Subjects: Jual Beli
Manajemen Strategi
Pedagang
Keywords: Covid19; pandemi; toko kelontong
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Bachtiar Hijriya'sa Adi
Date Deposited: 13 May 2022 07:07
Last Modified: 13 May 2022 07:07
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/53236

Actions (login required)

View Item View Item