تحليل الأخطاء الإملائية في كتابة الهمزة لدى تلاميذ المدرسة الدينية نور العزيز وارو سيدوارجو عند كتابة كتاب "عقيدة العوام

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Achmad, Kholilulloh (2022) تحليل الأخطاء الإملائية في كتابة الهمزة لدى تلاميذ المدرسة الدينية نور العزيز وارو سيدوارجو عند كتابة كتاب "عقيدة العوام. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Kholilulloh_A01218001.pdf

Download (1MB)

Abstract

“Analisis kesalahan penulisan hamzah oleh para murid nurul aziz waru sidoarjo pada penulisan kitab aqidatul awam”
Bahasa adalah kumpulan suara yang dikomunikasikan orang dengannya. Dalam Bahasa Arab terdapat empat keterampilan berbahasa, yaitu keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Untuk memahami sepenuhnya keterampilan menulis kita perlu memahami dikte atau Imla' dalam bahasa Arab. Namun pada kenyataannya peneliti menemukan banyak kesalahan dalam tulisan siswa terutama dalam hamzah, dan penelitian tentang kesalahan tersebut disebut Analisis Kesalahan. Dalam penelitian ini, Peneliti ingin menganalisis kesalahan pendiktean pada penulisan hamzah. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk memahami bentuk-bentuk kesalahan pada penulisan hamzah siswa Madrasah diniyah nurul aziz waru sidoarjo. (2) untuk memahami penyebab kesalahan dikte pada penulisan hamzah siswa Madrasah diniyah nurul aziz waru sidoarjo. (3) untuk memahami upaya Guru untuk meminimalkan kesalahan dikte pada penulisan hamzah siswa Madrasah diniyah nurul aziz waru sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Dokumentatif, yaitu peneliti mengumpulkan data dari lembar penulisan para siswa, untuk mengidentifikasi kesalahan-kesalahan yang terdapat dalam tulisan mereka. Adapun langkah-langkah dalam menganalisis kesalahan, pertama: mengumpulkan data lembar para sisawa, kedua: mengidentifikasi kesalahan, ketiga: menjelaskan kesalahan, keempat: mengevaluasi kesalahan .Metode pengumpulan datanya adalah tes, wawancara dan dokumentasi. Dan hasil penelitiannya adalah : (1) Bentuk kesalahan dikte pada penulisan hamzah siswa Madrasah diniyah nurul aziz waru sidoarjo adalah pada hamza al qata', hamza al wasl, hamzah tengah serta penggantian hamzah dengan karakter lain, (2) penyebab kesalahan pendiktean pada penulisan hamzah siswa Madrasah diniyah nurul aziz waru sidoarjo disebabkan oleh kesulitan berbahasa, (3) Upaya Guru untuk meminimalkan kesalahan dikte pada penulisan hamzah siswa Madrasah diniyah nurul aziz waru sidoarjo adalah dengan memperbaiki kesalahan, dengan latihan dan menyusun program khusus dalam Imla al-arobiyah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Achmad, Kholilullohkholilullah189@gmail.comA01218001
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKamal, Yusuf--2006067901
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: hamzah; penulisan hamzah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: ACHMAD KHOLILULLOH
Date Deposited: 13 Jul 2022 11:07
Last Modified: 13 Jul 2022 11:07
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/53227

Actions (login required)

View Item View Item