Strategi pembentukan brand image melalui pengembangan kewirausahaan di Pondok Pesantren Maskumambang Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Falah, Moh. Fajrul (2022) Strategi pembentukan brand image melalui pengembangan kewirausahaan di Pondok Pesantren Maskumambang Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh. Fajrul Falah_D93218092.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kompleksitas persaingan lembaga pendidikan diera saat ini. Lembaga pendidikan saat ini mulai kesulitan bersaing mempertahankan eksistensi lembaga yang ada. Berbagai upaya telah dilakukan namun masih belum menemukan titik terang. Lembaga pendidikan dituntut untuk lebih inovatif dan kreatif dalam upaya persaingan pasar jangka panjang. Salah satu karya inovatif yang dapat dilakukan lembaga pendidikan saat ini adalah melalui pengembangan kewirausahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembentukan brand image di Pondok Pesantren Maskumambang Gresik, mendeskripsikan pengembangan kewirausahaan di Pondok Pesantren Maskumambang Gresik, mendeskripsikan strategi pembentukan brand image melalui pengembangan kewirausahaan di Pondok Pesantren Maskumambang Gresik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Maskumambang Gresik. Sedangkan informan dalam penelitian ini adalah kepala pondok pesantren, direktur sarpras, IT dan bisnis, guru atau ustadz di Pondok Pesantren Maskumambang Gresik, siswa, orang tua dan masyarakat sekitar. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) pembentukan brand image sebenarnya sudah lama berjalan, namun focus lembaga untuk benar-benar menyusun rencana dan menjalankanya masih belum bias maksimal. Strategi pembentukan brand image di Pondok Pesantren Maskumambang Gresik salah satunya adalah menggunakan pengembangan kewirausahaan. Perumusan strategi tersebut dijalankan sesuai dengan mekanisme perumusan strategi. (2) pengembangan kewirausahaan di Pondok Pesantren Maskumambang Gresik berjalan dengan konsisten dalam beberapa tahun terakhir. Usaha yang dimiliki Pondok Pesantren Maskumambang Gresik sudah ada sejak tahun 1973 yaitu berupa koperasi. Tujuan pengembangan kewirausahaan di Pondok Pesantren Maskumambang Gresik adalah sebagai penopang lembaga dari sisi finansial, serta pemenuhan kebutuhan santri, sehingga lembaga akan lebih fokus dalam pengembangan mutu pendidikan yang nantinya akan dapat memberikan citra positif lembaga. (3) Bukti kongkrit sukses dalam pembentukan brand image melalui pengembangan kewirausahaan dapat dilihat dari adanya popularitas lembaga dikalangan masyarakat, adanya peningkatan animo peserta didik dan juga adanya mitra yang bekerjasama untuk saling menguntungkan. Hasil tersebut dapat kita lihat di Pondok Pesantren Maskumambang Gresik dimana popularitas dan adanya mitra sudah didapatkan oleh lembaga, namun dalam hal peningkatan animo peserta didik belum bias menemui hasil yang diharapkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Falah, Moh. Fajrulfjrfajrul@gmail.comD93218092
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasud, Alialimasud.kholqilah@gmail.com2023016301
Subjects: Manajemen Pendidikan
Wirausaha
Keywords: Brand image; kewirausahaan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Fajrul Falah
Date Deposited: 12 May 2022 13:42
Last Modified: 12 May 2022 13:42
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/53225

Actions (login required)

View Item View Item