Upaya guru dalam pembentukan karakter tanggung jawab siswa pada pembelajaran daring kelas V di MI Nurul Hikmah Dalegan Panceng Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Habiba, Levina Ikhwatul (2021) Upaya guru dalam pembentukan karakter tanggung jawab siswa pada pembelajaran daring kelas V di MI Nurul Hikmah Dalegan Panceng Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Levina Ikhwatul Habiba_D97217099.pdf

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini yaitu kurangnya tanggung jawab siswa saat melaksanakan pembelajaran daring.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui juga mendeskripsikan upaya guru dalam membentuk karakter tanggung jawab pada siswa pembelajaran daring beserta faktor pendukung dan penghambat juga solusi dalam upaya pembentukan karakter tanggung jawab pada siswa pembelajaran daring kelas V di MI Nurul Hikmah. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah guru matematika dan siswa kelas V MI Nurul Hikmah. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Tahapan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ada 4 tahap yaitu : a). Pengumpulan data, b). Reduksi data, c). Penyajian data, d). Verifikasi dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan 3 teknik triangulasi yaitu : a). Triangulasi sumber, b). Triangulasi pengamat, c). Triangulasi Teknik
Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru dalam membentuk karakter tanggung jawab pada siswa pembelajaran daring kelas V MI Nurul Hikmah meliputi 3 aspek yaitu perencanaan, kemudian pelaksanaan dan juga evaluasi. Perencanaan pendidikan karakter dilakukan dengan cara memasukkan pendidikan karakter ke dalam kurikulum sekolah dan mensosialisasikan kepada seluruh warga sekolah. Pelaksanaan implementasi dengan mengintegrasikan karakter tanggung jawab pada siswa pembelajaran daring yaitu dengan melaksanakan pembiasaan sebelum pembelajaran daring dimulai, pemberian reward bagi siswa yang aktif juga pertemuan tatap muka sebagai bentuk pertanggung jawaban pengumpulan tugas dengan bukti yang nyata dan juga sebagai pemanfaatan waktu untuk hal-hal yang belum dikuasai secara individu. Evaluasi dilakukan dengan penilaian sikap siswa dan melakukan evaluasi bersama warga sekolah. Faktor pendukung dan penghambat berasal dari faktor internal dari siswa itu sendiri dan juga faktor eksternal dari lingkungan maupun faktor ketersediaan sarana belajar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Habiba, Levina Ikhwatullevinabona99@gmail.comD97217099
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasud, Sulthonsulthon.masud@uinsby.ac.id2073091001
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Subjects: Manajemen Strategi
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Upaya Guru; Karakter Tanggung Jawab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Levina Ikhwatul Habiba
Date Deposited: 14 May 2022 03:40
Last Modified: 14 May 2022 03:40
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/53221

Actions (login required)

View Item View Item