الصراع الباطني عند سيغموند فرويد في شخصية القصة القصيرة "عندما يأتي المساء" لنجيب محفوظ

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ubaida, Zaliza (2020) الصراع الباطني عند سيغموند فرويد في شخصية القصة القصيرة "عندما يأتي المساء" لنجيب محفوظ. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zaliza Ubaida_A91216156.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan konflik batin dari tokoh utama dengan teori yang dirumuskan oleh Sigmund Freud yang meliputi struktur kepribadian, dinamika kepribadia dan mekanisme pertahanan konflik dari cerpen karya Najib Machfud yang berjudul ‘indama ya’ti al-masa’. Cerita pendek tersebut menceritakan tentang suami dan istri yang sering mengalami musibah, lalu sang istri memiliki keinginan untuk pindah ke apartemen mewah warisan dari ibunya dan meninggalkan apartemen lama yang sudah ditinggali sejak masih muda sampai tua bersama dengan temantemannya. Akan tetapi suaminya menolak, karena tidak ada jalan tengah yang sebenarnya mudah ditempuh dan keduanya tidak mau mengalah satu sama lain, sehingga terjadilah konflik diantara keduanya dan menyebabkan keduanya cerai. Hal itu yang membuat peneliti tertarik untuk menelitinya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan analisis isi. Data yang didapat dalam penelitian ini diambil dari membaca kritis cerpen ‘indama ya’ti al-masa’ karya Najib Machfudz yang kemudian dianalisis berdasarkan teori yang dipaparkan Sigmund Freud. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) struktur kepribadian tokoh utama yakni tokoh suami terdiri dari id, ego dan superego, (2) dinamika kepribadian tokoh suami berupa insting kehidupan, insting kematian dan kecemasan, kecemasan yang dialami tokoh suami berupa kecemasan neurotic dan kecemasan moral yang sangat berpengaruh dengan konflik yang terjadi dengan istriny. (3) mekanisme pertahanan ego tokoh suami dalam menghadapi konflik dengan istrinya berupa mekanisme sublimasi, proyeksi, regresi, pengalihan, rasionalisasi, apatis, reaksi formasi dan agresi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ubaida, Zalizazalizaubaida.zu@gmail.comA91216156
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbdullah, Asep Abbasasepabdullah@uinsby.ac.id2029076301
Subjects: Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Keywords: Konflik batin; cerita pendek Indama Ya’ti Al-Masa’; Najib Mahfudz; psikosastra; psikoanalisis; Sigmund Freud
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 May 2022 07:18
Last Modified: 11 May 2022 07:18
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/53218

Actions (login required)

View Item View Item