Masyarakat konsumsi Jean Baudrillard: perilaku konsumsi penggemar K-Pop NCTzen 112 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ismaniar, Ismaniar (2022) Masyarakat konsumsi Jean Baudrillard: perilaku konsumsi penggemar K-Pop NCTzen 112 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ismaniar_I73218039.pdf

Download (2MB)

Abstract

Setiap orang melakukan kegiatan konsumsi sebagai pemenuhan dalam kebutuhan sehari-hari nya dan setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Seperti yang dilakukan oleh penggemar boyband Korea NCT, yaitu NCTzen. Dalam mendukung dan memberikan apresiasi penuh kepada idola nya sebagai seorang penggemar, perilaku konsumsi yang dilakukan oleh NCTzen adalah dengan membeli dan mengoleksi barang yang berhubungan dengan NCT. Penelitian ini bertujuan untuk, pertama: memberikan gambaran tentang sikap berlebih dalam mengonsumsi dan membeli sesuatu yang behubungan dengan NCT yang dilakukan oleh NCTzen dalam mendukung penuh NCT dalam menghasilkan sebuah karya. Kedua: mengetahui penyebab dan ketertarikan minat komunitas NCTzen 112 Surabaya dalam membelanjakan uang nya untuk membeli barang yang behubungan dengan NCT. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif jenis penelitian fenomenologi. Pemilihan subjek penelitian menggunakan purposive sampling. Data yang diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam menganalisis data adalah teori masyarakat konsumsi milik Jean Baudillard. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: (1) dalam mendukung idola nya, NCTzen selalu membeli dan menggunakan apapun yang berkaitan dengan NCT. Pembelian album disetiap comeback dinilai sebagai bentuk loyalitas mereka kepada idola nya. (2) penyebab minat nya NCTzen dalam membeli sejumlah merchandise dan barang yang berkaitan dengan NCT merupakan keinginan dan hasrat mereka sebagai seorang penggemar yang ingin membeli barang yang sama dengan idola nya dan juga bisa sebagai simbol untuk menunjukkan bahwa mereka adalah bagian dari penggemar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ismaniar, Ismaniarismaniar2420@gmail.comI73218039
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuttaqin, Husnulhusnulfikr@gmail.com2020017801
Subjects: Masyarakat
Perilaku
Konsumen
Keywords: Perilaku konsumsi; NCTzen; penggemar
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Ismaniar Ismaniar
Date Deposited: 11 May 2022 04:47
Last Modified: 11 May 2022 04:47
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/53205

Actions (login required)

View Item View Item