Manajemen bimbingan dan konseling dalam pengembangan karakter di SMP Negeri 21 Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aisah, Siti (2022) Manajemen bimbingan dan konseling dalam pengembangan karakter di SMP Negeri 21 Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Aisah_D93217116.pdf

Download (2MB)

Abstract

Manajemen bimbingan dan konseling adalah layanan bantuan bagi peserta didik secara psikologis, pengembangan karakter, dan perencaaan karir. Pengembangan karakter peserta didik dilakukan melalui program-program bimbingan dan konseling, keteladanan dan dan pembudayaan nilai-nilai karakter. lokasi penelitian ini bertempat SMP Negeri 21 Gresik. Tujuan penelitian ini adalah 1) Menganalisis dan mendeskripsikan pengelolaan bimbingan dan konseling dalam pengembangan karakter di SMP Negeri 21 Gresik, 2) Menganalisis dan mendeskripsikan program-program bimbingan dan konseling dalam mengembangkan karakter peserta didik di SMP Negeri 21 Gresik, 3) Menganalisis dan mendeskripsikan faktor-faktor penghambat dan pendukung manajemen bimbingan dan konseling dalam pengembangan karakter di SMP Negeri 21 Gresik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, teknik pengambilan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan informan penelitian kepala sekolah, koodinator bimbingan dan konseling, guru bimbingan dan konseling, guru pendidikan agama islam, dan guru PPKN dan peserta didik. Proses analisis data dimulai dari reduksi data, kemudian penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini dilakukan dengan triangulasi sumber, triangulasi metode dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) manajemen bimbingan dan konseling dalam pengembangan karakter di SMP Negeri 21 Gresik dimulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan dengan mengedepankan komunikasi dan kordinasi dalam hal ini bimbingan dan konseling bekerjasama dengan stakeholder sekolah untuk mengintegrasikan pendidikan karakter pada perilaku sehari-hari, bimbingan dan konseling menfasilitasi penciptaan tatanan, kebiasaan, serta keteladanan dalam pelaksanaan pendidikan karakter sesungguhnya. 2) Komponen program-program bimbingan dan konseling diantaranya: layanan dasar, layanan peminatan dan perencanaan individual, layanan responsif dan layanan dukungan sistem. Bidang layanan bimbingan dan konseling mencakup: bidang layanan pribadi, layanan belajar, layanan sosial, dan layanan karir. 3) faktor pendukung bimbingan dan konseling di SMP Negeri 21 Gresik dalam pengembangan karakter peserta didik antara lain: personalia, kebijaksanaan kepala sekolah, orang tua yang kooperatif, dan fasilitas penunjang. Faktor penghambat bimbingan dan konseling di SMP Negeri 21 Gresik dalam pengembangan karakter peserta didik antara lain: orang tua yang bekerja diluar negeri, biaya anggaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aisah, Sitiaisahjo123@gmail.comD93217116
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAsrohah, Hanunasrohah@yahoo.com2010046801
Thesis advisorMustofa, Alialimustofa@uinsby.ac.id2025127601
Subjects: Bimbingan Konseling
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Manajemen bimbingan dan konseling; karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 May 2022 17:18
Last Modified: 09 May 2022 17:18
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/53192

Actions (login required)

View Item View Item